HONDA

Kelebihan Energi, Perilaku Zoomies Pada Kucing, Ajak Bermain Siang dan Sore Hari

Kelebihan Energi, Perilaku Zoomies Pada Kucing, Ajak Bermain Siang dan Sore Hari

Kelebihan Energi, Perilaku Zoomies Pada Kucing, Ajak Bermain Siang dan Sore Hari--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Mungkin kamu pernah mendengar tentang "Zoomies" atau masih asing dengan istilah tersebut? Zoomies atau bisa disebut dengan istilah Frenetic Random Activity Period (FRAP) adalah perilaku kucing yang tiba-tiba bergerak secara cepat dan berlarian kesana kemari secara spontan.  

Gerakan tersebut bisa berupa berlari keliling rumah, melompat, berjingkrak-jingkrak atau naik turun tangga. Aktivitas ini biasanya akan berlangsung dalam kurun waktu 30 menit atau bahkan sampai 1 jam. Namun kondisi ini jarang terjadi pada kucing rumahan, sebab mereka tidak memiliki tantangan alami untuk berburu atau menjaga diri layaknya kucing liar.

BACA JUGA:Mengeram Berarti Menyimpan Tenaga, Meringkuk Menghangatkan Anggota Badan, Arti Posisi Tidur Kucing

Kehidupan terkendali akhirnya membuat kucing rumahan lebih banyak bersantai dan rebahan. Tak jarang pose kucing saat malas-malasan terlihat menggemaskan. Itulah yang membuat sebagain orang merasa kucing adalah hewan peliharaan yang menyenangkan dan menggemaskan. 

Nyatanya kebanyakan kucing rumahan juga punya kelebihan energi. Nah kadangkala cara meluapkannya dengan melompat-lompat atau berlarian, ini adalah salah satu dari tingkah zoomies. Kadang kala kucing seolah tengah mengejar mangsa sampai naik ke kursi dan lainnya, atau kadang mencakar kursi dan lainnya. 

BACA JUGA:Penjelajah, Pembuat Onar dan Pemburu Handal, Karakter Kucing Rumahan

Apa penyebabnya? Ternyata semangat ini terjadi ketika kucing mengalami kelebihan energi dan membutuhkan pelampiasan untuk menyalurkan energinya. Jadi sama sekali tidak berbahaya, karena ini bisa dianggap jika kucing sedang bersenang-senang sebentar. 

Pada malam hari saat kamu tengah beristirahat, perilaku kucing yang mendadak begini mungkin sedikit mengganggu . Solusinya adalah kamu perlu rajin mengajak mereka bermain dan beraktivitas pada siang hingga sore hari.

BACA JUGA:Trauma dan Merasa Dibatasi, Kucing Kurang Suka Digendong, Suka Kaki Menyentuh Tanah

Atau bisa juga dengan kamu memberikan kucing mainan yang membuat mereka tetap sibuk dan tidak hanya tidur saja. Agar ledakan energi kucing tidak mengganggu saat jam tidur kita.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"