Temukan 1.306 Dukungan TMS, Vertual Bakal Paslon Perseorangan

Selasa 07-07-2020,12:43 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

KEPAHIANG – KPU Kepahiang saat ini masih melakukan verifikasi faktual (vertual) terhadap berkas dukungan bakal pasangan calon perseorangan untuk Pilkada serentak 2020. Yakni Paslon Edi Sunandar dan Iche Rakizah.

Dari vertual sementara hingga 5 Juli 2020, ditemukan sebanyak 1.306 dukungan yang tidak memenuhi syarat (TMS), 3.700 dukungan yang memenuhi syarat (MS), dan 1.062 pemilik dukungan yang belum dapat ditemui.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU Kepahiang, Mirzan Pranoto Hidayat, S.Sos. Ia mengatakan dari data sementara, 1.306 dukungan TMS tersebut merupakan hasil dari vertual yakni pernyataan tidak mendukung dari pemilik fotokopi KTP yang dibuktikan dengan pengisian lampiran model BA.5 KWK. Selain itu juga ada beberapa pemilik dukungan yang saat ini telah meninggal dunia, sehingga dukungannya dinyatakan TMS.

“Selain itu juga dari jumlah dukungan yang TMS tersebut, 19 dukungan diantaranya milik penyelenggara pemilu. Dan, dukungan tersebut juga dinyatakan TMS lantaran penyelenggara merasa tidak pernah memberikan fotokopi KTP-nya untuk dukungan. Juga dibuktikan dengan mengisi lampiran model BA.5 KWK,” terang Mirzan.

Selanjutnya, mengenai 1.062 dukungan yang pemiliknya belum berhasil ditemui oleh petugas, Mirzan mengatakan, pihaknya melalui anggota PPS sudah menyurati Liaison Officer (LO) dari bakal pasangan calon di masing-masing desa atau kelurahan, untuk bisa menghadirkan yang bersangkutan guna dilakukan vertual.

“Karena sebarannya ada di tiap desa dan kelurahan, jadi kita minta LO bakal pasangan calon untuk menghadirkan yang bersangkutan agar bisa dilakukan vertual. Jika hingga selesai tahapan vertual LO tidak bisa menghadirkan yang bersangkutan, maka dukungannya akan dinyatakan TMS,” tegas Mirzan.

Diketahui sebelumnya Edi-Iche menyerahkan dukungan fotokopi KTP kepada KPU Kepahiang sebanyak 10.987 dokumen, dari syarat minimal dukungan sebanyak 10.841 dukungan atau 10 persen dari jumlah DPT Kabupaten Kepahiang pada Pemilu 2019. Jumlah dukungan ini akan dilakukan vertual hingga tanggal 12 Juli ini. (sly)

Tags :
Kategori :

Terkait