Bakal Calon Kepala Daerah Diperiksa Kesehatan Selama 6 Jam

Selasa 08-09-2020,14:20 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

BENGKULU - Setelah melaksanakan pemeriksaan psikologi, para bakal calon kepala daerah (Kada) baik gubernur dan wakil gubernur dan juga bupati dan wakil bupati menjalani tahapan pemeriksaan kesehatan jasmani dan kejiwaan di RSUD M Yunus (RSMY) dan Rumah Sakit Khusus Jiwa (RSKJ) Soeprapto Bengkulu.

Pada pemeriksaan ini, petugas memang sudah membagi jadwal kepada tiap bakal calon Kada. Artinya, ada sebagian yang diperiksa di RSMY terlebih dahulu, ada pula yang diperiksa di RSKJ.

Dirut RSMY, dr. Zulkimaulub Ritonga, Sp.An menyampaikan dalam pelaksanaan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan pedoman dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pusat dan juga Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Dan apa saja yang kita periksa, kita memeriksa fungsi organ secara menyeluruh mulai dari otak, jantung, paru, ginjal, liver, otot, tulang, panca indera, mata, pendengaran penciuman, itu semuanya dicek," jelas Zulki, Selasa (8/9).

Dipaparkannya, masing-masing bakal calon Kada harus melewati 11 poli yang ditambah dengan dua penunjang yakni laboratorium dan radiologi. "Tentunya ada 12 titik yang harus dilewati, sehingga masing-masing calon harus diperiksa sekitar 6 jam. Pemeriksaan ini akan selesai sampai Kamis (10/9)," paparnya.

Lebih lanjut Zulki menjelaskan, dalam pemeriksaan ini pihaknya menurunkan 40 orang petugas baik dokter spesialis dan perawat. "Untuk hasilnya, akan kita plenokan dulu hari Jumat (11/9), baik dari BNN, psikologi, psikiater dari rumah sakit jiwa jasmani, kemudian dirangkum dan dirapatkan secara menyeluruh. Baru nanti akan kita sampaikan ke KPU," jelas Zulki.

Salah satu bakal calon gubernur, Agusrin M Najamudin saat diwawancara wartawan usai pemeriksaan mengatakan, jika dirinya optimis sehat. "Insya Allah sehat. Semua kita lalui, kita ikuti dengan baik. Insya Allah semuanya baik," sampai Agusrin sembari berjalan menuju ke kendaraannya. (zie)

Tags :
Kategori :

Terkait