Berkolaborasi, Eks Kontainer Disulap Jadi Labor Mini Swab Antigen

Selasa 17-11-2020,13:15 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

BENGKULU - Dengan berkolaborasi antara perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu dengan PT. Pelindo II Cabang Bengkulu serta UPTD Labkesda Provinsi Bengkulu menghasilkan laboratorium mini pemeriksaan swab antigen/antibody.

Launching atau peresmian laboratorium telah digelar Selasa (17/11) pagi yang langsung dilakukan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, H. Dedy Ermansyah, SE yang disaksikan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Iskandar Novianto GM Pelindo II Cabang Bengkulu, Titah Yudhana, Kepala Balai Labkesda Provinsi Bengkulu, Hartian Pansori dan Perwakilan Kadinkes Provinsi, Edriwan Mansyur.

Iskandar Novianto menjelaskan, laboratorium ini dibuat dari eks kontainer yang diberikan oleh pihak Pelindo. Menurutnya, memang kebutuhan swab dan rapid test ini dibutuhkan dan sangat penting. Apalagi petugas-petugas dari BPKP sering ke lapangan. "Untuk tempat sebelumnya ini kontainer, fasilitas dari Pelindo, kita kerja samakan sehingga bisa bermanfaat seperti ini," ungkap Iskandar Novianto.

GM Pelindo II Cabang Bengkulu, Titah Yudhana mengatakan, sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat bahwa semua pihak harus berupaya untuk menekan penyebaran wabah Covid-19. Maka dari itu, pihaknya selaku BUMN mendukung mini laboratorium tersebut sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di Provinsi Bengkulu. "Ini upaya penanganan sehingga Bengkulu bisa segera terbebas dari penyebaran Covid-19," kata Titah.

Plt Gubernur Bengkulu, Dedy Ermansyah mengapresiasi adanya mini laboratorium swab antigen tersebut. Tentunya laboratorium ini akan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan swab atau rapid test. "Bahkan ini harus dikasih nama Lab Tangkis, ada maknanya, yakni untuk Tangkis Covid-19 dan juga singkatan dari Pak Titah dan Pak Iskandar yang telah berkolaborasi membuat laboratorium ini. Ini sejarah," sampai Dedy.

Peresmian sendiri dilakukan dengan pemukulan dol oleh para pejabat dan pengguntingan pita di laboratorium mini swab antigen oleh Plt Gubernur. (zie)

Tags :
Kategori :

Terkait