Tak Permasalahkan Pungutan Parkir di Gerai Modern, Selama Keamanan Terjamin

Sabtu 19-06-2021,15:42 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  BENGKULU -  Polemik parkir di gerai modern berakhir dengan sendirinya. Ini seiring diberinya izin oleh Pemkot Bengkulu melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bengkulu kepada manajemen Indomaret dan Alfamart yang ada di Kota Bengkulu, untuk memungut uang parkir di halaman gerainya.

Alasannya simpel, manajemen Indomaret dan Alfamart dianggap sudah membayar pajak parkir. BACA JUGA:  Juni, Indomaret dan Alfamart Bebas Parkir

Pascaizin pengelolaan parkir di halaman gerai resmi dikeluarkan, dari pantauan di lapangan saat ini beberapa gerai terkhusus gerai Indomaret di Kota Bengkulu telah ditempati oleh juru parkir (jukir) yang menggunakan rompi bertuliskan dan berlogo dari toko minimarket waralaba tersebut.

Tugas mereka, tentu saja memungut retribusi parkir bagi pengunjung gerai. Salah satu pengunjung gerai, Reza mengatakan dirinya sebagai pengujung tidak merasa keberatan akan hadirnya juru parkir di halaman gerai.

Namun lanjutnya, karena telah resmi dan diizinkan diharapkan pengelola parkir atau jukir tersebut harus siap menjaga barang-barang milik pengunjung yang datang berbelanja ke gerai.

"Ya baca di berita kita sudah tahu kalau parkir diizinkan. Kalau keberatan tidak, asal barang-barang milik kita dijaga," kata Reza.

Sementara itu, salah satu jukir di gerai Indomaret yang berada di kawasan Rawa Makmur, Midianto mengatakan, dengan telah diizinkannya oleh Pemkot Bengkulu melakukan pengelolaan terhadap parkir di halaman gerai tersebut, tugas mereka tidak hanya memunggut retribusi dari pengunjung tapi juga menjaga kebersihan dan keamanan.

"Kami sudah bayar pajak jadi sudah diizinkan kelola parkir. Untuk pengunjung kalau mau bayar ya bayar, kalau tidak mau bayar ya tidak apa," sampainya.

Ia menambahkan untuk pungutan sendiri pihaknya tidak menentukan tarif, namun menerima berapapun yang diberikan oleh pengunjung.

"Kalau pungutannya tergantung berapa yang dikasih, dikasih seribu rupiah untuk motor kita terima. Yang penting kami melayani dan menjaga kebersihan serta mengatur motor di halaman gerai ini," tukasnya. (tok)

Simak Video Berita 
Tags :
Kategori :

Terkait