Siswa Banyak Nunggak, Akhirnya Sekolah Ini Gratiskan Biaya Sekolah

Jumat 10-09-2021,15:54 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  BENGKULU TENGAH- Berbeda dengan sekolah yang lainnya, SMKN 3 Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mengambil kebijakan membebaskan atau menggratiskan semua biaya bagi siswa. Program sekolah gratis ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2019 lalu.

Dengan membebaskan semua biaya sekolah berdampak terhadap jumlah siswa yang setiap tahunnya mengalami peningkatan.

BACA JUGA:  Selama Pandemi Covid-19 Pernikahan Dini Meningkat, 159 Perkara Masuk ke PA Manna  Kepala SMKN 3 Bengkulu Tengah Afrijoni, S.Pt menjelaskan, SMKN 3 Bengkulu Tengah ini sudah berdiri sejak tahun 2014 lalu, pada awal berdirinya sekolah ini semua pembiayaan tidak ada yang digratiskan.

Selama sekolah tidak memberikan gratis uang komite atau uang SPP semua siswa selalu menunggak pembayaran. Karena selalu menunggak akhirnya pihak sekolah menurunkan besaran uang komite yang awal Rp 100 ribu menjadi Rp 50 ribu.

"Setelah diturunkan ternyata masih banyak juga siswa yang menunggak. Sehingga pada akhirnya kita memutuskan untuk semua pembiayaan yang ada di sekolah kita ini digratiskan. Sebab kita simpulkan bahwa warga kita ini banyak yang tidak mampu apabila pembiayaan sekolah kita bebankan," ungkapnya.

BACA JUGA:  Mau Kuliah Tatap Muka, Mahasiswa Harus Tunjukan Sertifikat Vaksin Dia menambahkan, item pembiayaan yang dibebaskan atau digratiskan apabila ingin bersekolah seperti, pendaftaran, uang bangunan, uang komite bulanan, uang magang.

Selanjutnya untuk biaya Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) juga digratiskan, ujian akhir gratis juga dan uang OSIS. Jadi memang semua pembiayaan siswa di SMKN 3 ini dibebaskan tanpa dipunggut sedikitpun.

"Dengan semuanya digratiskan ini, kita masih tetap bisa memenuhi semua operasional dan kebutuhan sekolah dengan menggunakan dana BOS yang kita terima. Selain dana BOS, dana lain yang didapatkan berasal dari usaha milik sekolah. Di sekolah kita ini terdiri dari empat jurusan, seperti jurusan Akuntansi, Agrobisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura Agrobisnis Ternak Unggas dan Multimedia," terangnya

Lanjutnya, pihaknya menggratiskan biaya sekolah di SMKN 3 ini salah satu cara untuk meningkatkan jumlah siswa yang ada di sekolah tersebut. Baca Selanjutnya>>>
Tags :
Kategori :

Terkait