Manfaatkan Teknologi, Ibu-ibu Pelaku Usaha Keripik Tempe Dibekali Digital Marketing

Kamis 23-09-2021,12:31 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

    BENGKULU - Univeristas Terbuka Bengkulu kembali melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (abdimas). Mengangkat tema “Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM di Provinsi Bengkulu Melalui Penerapan Teknologi Pemasaran Digital”.

Kali ini kegiatan abdimas dilaksanakan pada usaha pembuatan keripik tempe yang berlokasi di Jl. Muhajirin Kelurahan Dusun Besar Kota Bengkulu. Rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh UT Bengkulu ini dilakukan dalam beberapa tahapan pelatihan yang telah dilaksanakan sejak Agustus 2021 yang lalu.

Pada kegiatan abdimas ini dilakukan pelatihan mengenai menerapkan sistem kanalisasi pelanggan, desain penyajian kemasan produk, pemanfaatan media sosial dalam mempromosikan produk. Serta bagaimana penentuan harga pokok penjualan.

Dalam pelaksanaanya peserta merupakan pelaku usaha keripik tempe yang tergabung pada kelompok pemberdayaan PKH Kelurahan Dusun Besar Kota Bengkulu. Tim pengabdian kepada masyarakat Univeristas Terbuka diketuai oleh Dosen Manajemen Universitas Terbuka Herry Novrianda, S.E.,M.M. Kegiatan pengabdian juga melibatkan dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bengkulu yaitu Aan Shar, S.E.,M.M. dan Debby Arisandi, MBA sebagai anggota tim.

Herry Novrianda menjelaskan, pemanfaatan pemasaran produk oleh pelaku bisnis di Bengkulu melalui media digital/digital marketing masih belum maksimal. Melalui kegiatan abdimas ini, diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk mitra melalui pemanfaatan teknologi digital. Berkembangnya teknologi digital dan internet dalam dunia pemasaran berimbas pada perubahan pola hidup dan transaksi masyarakat yang semula secara konvensional (offline) menjadi digital (online).

Melalui kegiatan ini mitra abdimas diharapkan mampu memahami bagaimana memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan penjualan dan daya saing produk. Sehingga lebih diminati serta dapat berkembang menjadi usaha yang lebih besar lagi. Kegiatan pelatihan ini turut dihadiri juga pendamping PKH Kelurahan Dusun Besar Kota Bengkulu, yaitu Marsellina Fitri, M.Si., yang menyaksikan langsung kegiatan abdimas kepada kelompok pemberdayaan PKH Kelurahan Dusun Besar Kota Bengkulu.

Marselina dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada UT Bengkulu. Dengan diadakan kegiatan ini diharapkan pelaku usaha yang tergabung pada kelompok pemberdayaan PKH Kelurahan Dusun Besar Kota Bengkulu memiliki pengetahuan, dan pemahaman tentang bagaimana cara meningkatkan perekonomian. Melalui usaha rumah tangga dengan pemanfaatan teknologi untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkan.

Selain pelatihan mengenai bagaimana memanfaatkan digital marketing sebagai media pemasaran produk, tim pengabdian kepada masyarakat Univeristas Terbuka memberikan bantuan mesin pemecah kedelai kepada mitra, dengan harapan dapat menunjang proses produksi yang produktif lagi.

Susmi Daryani selaku pemilik dari usaha mitra abdimas menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Universitas Terbuka Bengkulu dan tim pengabdian kepada masyarakat karena telah bersedia membantu dalam meningkatkan usaha keripik tempe mereka.

Dukungan dan apresiasi kegiatan ini juga diberikan Ahmad Sukri, SH., Lurah Dusun Besar. Menurutnya, dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan nyata yang terjadi pada masyarakat khususnya warga kelurahan Dusun Besar.

"Kegiatan semacam ini tentunya sangat membantu para pelaku UMKM di kelurahan kami untuk dapat terus maju dan berkembang, " tutupnya. (rls)

Tags :
Kategori :

Terkait