Jabatan Kosong Belum Terisi, Pemprov Open Bidding

Sabtu 16-10-2021,12:28 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

BENGKULU - Dari hasil evaluasi kinerja atau job fit di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu beberapa waktu lalu, baru didapati terisi jabatan Sekretaris Dewan (Sekwan) Provinsi Bengkulu dan Kadis PMD Provinsi Bengkulu. Sementara masih ada enam jabatan kosong, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di tingkat eselon II.

Terkait hal tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini, pihaknya akan mengusulkan open bidding atau lelang jabatan untuk enam jabatan kosong, yang saat ini masih diisi oleh petugas pelaksana (Plt).

"Untuk eselon II yang belum terisi itu kita akan open bidding. Karena job fit sudah tidak ada pelamar nya, untuk jabatan kosong itu. Yang ada pelamarnya itu Sekwan dengan Dinas PMD. Dan itu sudah kita isi berdasarkan hasil job fit. Dan karena belum ada pelamarnya makanya kita nanti pakai open bidding," kata Hamka.

Dijelaskannya, untuk melakukan lelang jabatan tersebut, pihaknya masih harus melakukan pengusulan dan harus mendapatkan izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). "Dalam waktu dekat kita lakukan open bidding, juga terbuka untuk pejabat open bidding," imbuhnya.

Nantinya selain diperuntukkan bagi Pejabat Pemprov Bengkulu, lanjut Hamka, open bidding ini juga diperuntukkan dan terbuka bagi pejabat di kabupaten/kota. Yang berminat untuk mengikuti pengisian jabatan kosong di lingkungan Pemprov Bengkulu ini.

Untuk diketahui, saat ini ada enam jabatan kosong di lingkungan Pemprov Bengkulu. Diantaranya, Plt Karo Hukum dijabat oleh Supran, kemudian Plt Karo Organisasi dijabat oleh Hasanuddin. Selanjutnya, Plt Karo Umum dijabat oleh Subkhan Alkossari, lalu Plt Karo Bangda dijabat oleh Abdul Hafizh. Plt Kadis Perkim Dan Pertanahan dijabat oleh Soemarno, serta ada Plt Direktur Rsud M Yunus dijabat oleh Zaini Dahlan.

Ditambahkan, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Diah Irianti bahwa pihaknya dalam tahapan penuntasan hasil dari evaluasi kinerja untuk Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama.

"Open Bidding kan kalau ada jabatan kosong. Sekarang kan, uji kompetensi ini kan belum dituntaskan kalau dari hasil uji kompetensi kemarin, untuk mengisi jabatan itu. Dan kalau sudah full ya tidak perlu lagi open bidding," kata Diah.

Untuk diketahui, job fit untuk penilaian kinerja dari pimpinan OPD ini memang rutin dilakukan. Setelah mendapatkan izin dari Kemendagri RI dan KASN untuk penilaian kinerja JPT. Selain itu, job fit ini dilakukan untuk melihat bagaimana hasil kepimpinan para eselon II ini setelah dua tahun menjabat. Mengingat ada beberapa poin yang bakal menentukan hasil job fit ini. Misalnya capaian diposisi mana, sehingga nanti bisa dievaluasi.

"Tapi kalau, pada saat pengisian jabatan masih ada yang kosong, maka baru akan kita buka seleksi terbuka untuk eselon II. Tinggal menunggu waktu nya," papar Diah. (war)

Jabatan Eselon II Pemprov Dijabat Pelaksana Tugas
  • Plt Karo Hukum : Supran
  • Plt Karo Organisasi : Hasanuddin
  • Plt Karo Umum : Subkhan Alkossari
  • Plt Karo Bangda : Abdul Hafizh
  • Plt Kadis Perkim Dan Pertanahan : Soemarno
  • Plt Direktur Rsud M Yunus : Zaini Dahlan
  • Tags :
    Kategori :

    Terkait