Formi Rejang Lebong Gelar Lomba Senam Jantung Virtual

Rabu 27-10-2021,22:41 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

CURUP, rakyatbengkulu.com - Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Kabupaten Rejang Lebong (RL) menggelar lomba senam jantung seri II, Rabu (27/10) di gedung olahraga Curup. Bekerjasama dengan Yayasan Jantung Sehat Indonesia (YJI) via virtual dalam rangka membudayakan olahraga mendukung imunity masyarakat.

Ketua Umum Formi Rejang Lebong Wahyuda Hendika S.Sos kepada rakyatbengkulu.com mengatakan, lomba ini dilakukan karena animo masyarakat dalam berolahraga khususnya senam jantung sehat sangat tinggi. Selain itu tentunya juga dapat meningkatkan imun tubuh dengan menjaga kesehatan, dan berolahraga secara teratur. Juga,, lomba ini turut memeriahkan Hari Sumpah Pemuda ke 93.

"Setiap tahunnya Formi Rejang Lebong terus berbenah dalam menggali dan mengembangkan olahraga rekreasi. Tantangan termasuk menyalurkan hobi di masyarakat seiring mulai melandainya Covid-19 di daerah kita. Walupun saat ini lombanya via virtual dengan mengirimkan video senam olahraga jantung sehat," kata Andi sapaan akrabnya.

Andi menambahkan, saat ini Formi Rejang Lebong juga tengah mempersiapkan diri dalam ajang festival olahraga tradisional di Provinsi Sumatera Selatan tahun 2022 mendatang. "Tentunya persiapan untuk mengikuti seleksi dan even tingkat nasional ini harus kita siapkan jauh-jauh hari. Sehingga bisa memberikan yang terbaik bagi Rejang Lebong umumnya untuk provinsi Bengkulu nantinya," beber Andi.

Ketua pelaksana lomba senam jantung sehat Oriza Meiranty menerangkan, pengumuman perlombaan ini sudah disosialisasikan ke masyarakat sejak awal Oktober lalu. Pendaftaran peserta lomba pun sudah ditutup dan ada 18 peserta lomba senam jantung sehat mengirimkan video nya

"Setiap video kita putar menggunakan infocus sehingga dewan juri bisa menilai dengan cermat peserta lomba. Tiga video terbaik nantinya akan digelar lomba secara tatap muka pada tanggal 2 November mandatang dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan untuk menentukan pemenang lomba senam jantung sehat ini," beber Oriza.

Ketua Dewan Juri Fitri Hertikasari Hijazi SE yang juga Ketua Yayasan Jantung Sehat Cabang Rejang Lebong menyampaikan, sejauh ini penilaian dari video diputar semua baik. Namun tentunya dari yang baik ada yang terbaik dan penilian dilakukan secara objektif.

"Unsur penilaian yakni teknik gerakan dari pemanasan inti hingga ke pendingan. Keindahan gerakan, ketepatan irama dan gerak, kekompakan dalam irama, kerapian, semangat. Jika dilihat video yang sudah kita beri penilain semuanya kategori baik," papar perempuan yang kerap disapa Bunda Fitri ini.

Dari penilaian video senam jantung sehat ini, sambung Bunda Fitri semua sudah baik namun harus ditingkatkan kembali, dan juga sebagai edukasi di masyarakat. Ia berharap ke depannya acara seperti dapat dilakukan secara rutin.

"Tidak hanya itu, senam jantung sehat, senam Rejang Lebong mampu ataupun olahraga secara teratur ini harus teredukasi di 15 kecamatan yang ada di Rejang Lebong. Karena dengan olahraga selain menjaga kesehatan juga berdampak dengan imunity tubuh kita," demikian Bunda Fitri. (prw)

Tags :
Kategori :

Terkait