Nelayan Bengkulu Selatan Dijamin BPJS Ketenagakerjaan

Senin 06-12-2021,07:26 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

KOTA MANNA, rakyatbengkulu.com – Nelayan di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) akan dijamin asuransi pada 2022 mendatang. Dari 600 nelayan yang ada, Dinas Perikanan dan Kelautan Bengkulu Selatan akan membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk 499 nelayan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Bengkulu Selatan Novianto M.Si mengatakan, asuransi nelayan kali ini tidak lagi bekerjasama dengan PT Jasindo, namun langsung dari BPJS Ketenagakerjaan.

"Tinggal kekurangannya nanti kita minta di perubahan anggaran, karena nelayan di Bengkulu Selatan lebih kurang 600 orang," terang Novianto.

Selama ini disebutkan Novianto, asuransi ditanggung oleh APBN melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan juga APBD Bengkulu Selatan.

"Per orang itu mendapat Rp 200 ribu per tahun sebanyak 499 orang," ungkap Novianto.

Selain itu Novianto mengaku tahun depan kegiatan sosialisasi akan digencarkan. Dinas Perikanan akan memberikan sosialisasi apa kewajiban nelayan dan pemahaman lainnya.

Sehingga para nelayan Bengkulu Selatan tidak asal menjadi nelayan dan tahu aturan-aturan yang tidak boleh dilakukan. Seperti asal menangkap ikan, asal menggunakan alat tangkap dan batas teritorial di lautan.

"Apa yang menjadi hak dan kewajiban mereka akan kita sampaikan," pungkasnya.(tek)

Tags :
Kategori :

Terkait