Nantikan, Bunga Bangkai di Liku Sembilan Segera Mekar Sempurna

Selasa 07-12-2021,09:57 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  KEPAHIANG, rakyatbengkulu.com - Bunga bangkai atau yang akrab disebut bunga kibut (Amorphophallus Titanum) kembali tumbuh di Taman Konservasi Puspa Langka di Desa Tebat Monok, Kecamatan Kepahiang.

Bahkan kali ini bunga yang menjadi tanaman endemik Pulau Sumatera tersebut memiliki ketinggian 2,4 meter dengan diameter 130 cm. Diperkirakan akhir pekan ini akan mencapai fase mekar sempurna.

 Koordinator Taman Konservasi Puspa Langka Kabupaten Kepahiang, Holidin mengungkapkan bahwa bunga bangkai ini sudah tumbuh sekitar 3 bulan lalu.

"Kita perkirakan bunga ini akan mekar sempurna kurang lebih 3 sampai 4 hari kedepan. Bagi masyarakat  yang berminat untuk melihat secara langsung kondisi bunga, silakan kunjungi Taman Konservasi Puspa Langka Kepahiang yang berada di sisi jalan lintas Bengkulu - Kepahiang," sampainya.

  Holidin menambahkan, nanti ketika bunga mekar sempurna, maka kelopak bunga akan terbuka dan mengeluarkan aroma busuk menyengat.

Namun aroma menyengat yang keluar dari bunga tersebut tidak akan mengurangi kecantikan bunga, dengan kelopak berwarna merah keunguan.

 "Sudah banyak pengunjung yang singgah karena lokasi penangkaran sangat strategis, berada di jalan lintas Bengkulu-Kepahiang. Para pengunjung tidak dipungut biaya masuk ke lokasi. Hanya ada kotak sumbangan sukarela untuk mendukung pengelolaan area tersebut,’’ demikian Holidin. (sly)

Simak Video Berita 
Tags :
Kategori :

Terkait