Kebut Capaian Vaksinasi Minimal 70 Persen di Bengkulu

Kamis 09-12-2021,18:00 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan, pihaknya menargetkan pada akhir Desember ini seluruh capaian vaksinasi provinsi maupun capaian di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu harus mencapai angka 70 %.

Tercatat, capaian vaksinasi Covid-19 di Provinsi Bengkulu saat ini mencapai angka 66,05 % untuk dosis 1 dan 34,51 % untuk dosis 2 dari target vaksinasi sebanyak 1,5 juta penduduk Provinsi Bengkulu. Bahkan masih ada empat kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu capaian vaksinasi Covid-19 masih rendah, di bawah 60 %.

"Mudah-mudahan dalam minggu ini empat kabupaten terendah akan mengejar capaian vaksinasi Kota Bengkulu yang telah di atas angka 70 persen. Target kita semua kabupaten kota capaian vaksinasinya harus diatas 70 persen pada akhir bulan ini," kata Herwan.

Ada pun kabupaten yang terendah yakni Lebong dan Mukomuko. Untuk kabupaten terendah ini, pihaknya akan mendorong kegiatan vaksinasi hingga target capaian vaksinasi di kabupaten tercapai.

"Kita akan terus dorong dan mengkomunikasikan kepada kabupaten. Insyaallah dalam waktu dekat gubernur dan forkopimda juga akan melakukan monitoring terhadap pemerintah daerah dan forkopimdanya untuk mengejar capaian vaksin Covid-19," tambahnya.

Ia juga meminta kepada kabupaten dan kota yang ada di wilayah Bengkulu untuk meningkatkan target vaksinasi harian, minimal 1 persen perhari. Sementara itu, untuk stok vaksin Covid-19 sendiri Herwan menyebutkan masih mencukupi untuk kebutuhan di Bengkulu.

"Untuk stok vaksin kita selalu tersedia dengan jumlah yang cukup. Terakhir masuk sebanyak 76.000 dosis vaksin sinovac. Namun sinovac ini dikhususkan untuk dosis 2, namun untuk dosis 1 kita masih mencukupi dengan stok yang tersedia," demikian Herwan.(tok)

Tags :
Kategori :

Terkait