Bantuan UMKM Menumpuk di Gudang

Senin 10-01-2022,08:51 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  Disperindag Masih Cek Data Penerima

SELUMA, rakyatbengkulu.com – Bantuan peralatan untuk pelaku UMKM dengan total Rp 1,3 miliar yang berasal dari DAK tahun 2021 hingga kini tak kunjug dibagikan.

Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi (Disprindagkop) dan UKM Kabupaten Seluma berkilah bahwa belum dibagikannya peralatan UMKM itu karena saat ini melakukan pendataan penerima peralatan tersebut.

BACA JUGA:  Jembatan Rawa Mulya Membahayakan “Sementara ini barang UMKM yang belum dibagikan, kita masih merekap pengajuan. Setiap UMKM yang punya hak atau membutuhkan itu, nanti kita rekap dan kita lihat kebutuhan agar tidak salah sasaran,” kilah Plt Kepala Dinas Disperindagkop dan UKM Kabupaten Seluma Gun Ibrori.

Sejumlah barang UMKM pengadaan tahun lalu ditumpukan di gudang Pasar Sembayar diantaranya mesin jahit, mesin pengemas, gerobak, sovenir dan lainnya.

Namun hanya sebagian yang telah diserahkan ke UMKM oleh Bupati Seluma secara simbolis bulan Desember 2021 lalu.

“Barang ada yang sudah diserahkan kepada UMKM tapi saya lupa ada berapa UMKM yang menerima ,” ujarnya.

Ia mengatakan, beberapa barang akan dibagikan ke rumah kemasan yang ada di Sukaraja dan merekrut tenaga kerja. Kemudian nantinya akan mendatangkan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) Kabupaten Seluma untuk memenuhi Industri Kecil Menengah (IKM).

“Kita akan merekrut tenaga kerja mulai dari direktur operator komputer. Operator alat kemasan dan operator mekanik dan elektrikal nantinya akan mendatangkan PAD untuk memenuhi kebutuhan IKM memasuki pasar moderen,” jelasnya.

BACA JUGA:  Kantongi Calon Tersangka Baru Dana Kesra Ditambahkannya, untuk pendistribusian seperti gerobak dan lain-lain tersebut adalah bantuan dari kementerian,

“Kalau gerobak dan meja souvernir murni bantuan Kementerian Perdagangan yang akan diberikan kepada IKM dan UKM Kabupaten Seluma,” terangnya. (juu)

Tags :
Kategori :

Terkait