Wisatawan Luar Provinsi Padati Rumah Pengasingan Bung Karno

Rabu 04-05-2022,17:45 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Setelah tidak beroperasi pada masa libur Lebaran selama dua tahun terakhir lantaran pandemi Covid-19.

Pada libur Lebaran tahun ini, kawasan wisata bersejarah Rumah Pengasingan Bung Karno di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Anggut Atas Kota Bengkulu diserbu pengunjung.

Khususnya pengunjung dari luar daerah. Hal ini terpantau, Rabu (4/5).  Rumah peninggalan presiden pertama Republik Indonesia pada masa pengasingannya di Bengkulu, dipadati wisatawan baik dari dalam maupun luar Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:  Ingat, Jangan Mandi dan Berenang di Pantai, Bahaya Mengintai Kasi Pengendalian Usaha Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi, Darhania Suri menyampaikan, sejak dibuka pada hari pertama Lebaran, petugas yang berjaga di tempat wisata bersejarah tersebut harus bekerja lebih keras.

Ini lantaran ramainya wisatawan yang datang berkunjung silih berganti. Dirinya menyebutkan pada hari Lebaran kedua wisatawan tercatat sebanyak 200 orang lebih.

Kondisi tak jauh berbeda terlihat, hari ini Rabu (4/5). Bahkan diperkirakan jumlah pengunjung akan lebih banyak dan ramai lagi.

"Untuk Lebaran tahun ini kita sudah mulai buka hari pertama, namun hari pertama belum terlalu ramai. Tapi dari Lebaran kedua dan ketiga hari ini (4/5) wisatawan ramai," ujar Darhania.

BACA JUGA:  Selama Ramadan, 9 Tersangka Kasus Narkoba Diamankan Hal ini, lanjutnya, karena dua tahun terakhir tidak dibuka karena pandemi. "Namun tahun ini kita kembali buka dan dimanfaatkan bagi wisatawan untuk berkesempatan mengunjungi rumah Bung Karno ini," sampainya.

 
Buka Jam 08.00 WIB
Jam operasional Rumah Pengasingan Bung Karno sendiri pada libur Lebaran kali ini dibuka mulai dari jam 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Darhania menyebutkan, untuk wisatawan yang berkunjung sendiri didominasi oleh wisatawan luar Provinsi Bengkulu seperti dari Jambi, Sumatera Barat hingga Sumatera Selatan.

"Untuk pengunjung sendiri didominasi dari luar provinsi seperti Jambi dan Sumatera Selatan. Untuk dari kabupaten di dalam Provinsi Bengkulu sendiri ada juga seperti dari Rejang Lebong dan Lebong, namun didominasi luar Bengkulu," katanya.

BACA JUGA:  Gagal Berangkat, 48 CJH Benteng jadi Prioritas Tahun Depan Di Rumah Pengasingan Bung Karno sendiri wisatawan yang berkunjung dapat melihat beberapa benda peninggalan Soekarno yang memiliki nilai sejarah.

Benda - benda tersebut terdiri atas benda asli dan benda tiruan yang merupakan saksi bisu perjuangan Ir. Soekarno di Bengkulu.

Baca Selanjutnya>>>
Tags :
Kategori :

Terkait