Umpan balik ini juga dapat meningkatkan kerjasama antara kita dengan klien. Disela kunjungan pertanyakan perbaikan apa yang dapat dilakukan untuk menunjukkan bahwa kita menghargai klien, peduli terhadap ide klien serta terbuka terhadap komentar dan saran apapun.
Untuk kerjasama jangka panjang. Jangan pernah takut mendapatkan masukan atau kita juga memberi masukan. Jika dalam pekerjaan ada masalah, segera beri tahu. Klien akan menghargai kejujuran kita.
BACA JUGA:Tempo Sehari, Terjadi 2 Kebakaran Lahan di Rejang Lebong
Tepati janji pada klien
Untuk mencapai hasil yang memuaskan, kita harus komitmen dan menepati janji ada klien. Ini dapat menetapkan harapan yang realistis bagi klien sejak awal. Beritahu klien tentang kemampuan dan keterbatasan kita. Termasuk hal-hal yang mungkin terjadi di masa depan dan harapan kita terhadap klien. Dengan cara ini kedua belah pihak saling memahami dan tidak menimbulkan perselisihan yang serius nantinya.
Tanggung jawab Dipikul Bersama
Yang tak kalah penting, tanggung jawab harus dipikul kedua belah pihak saat dalam menjalani pekerjaan. Mengakui kesalahan dan mengambil tindakan, lebih baik daripada berusaha menghindarinya dan mencari-cari alasan.
BACA JUGA:Gunakan Bio Septictank, Berikut 4 Tips Rumah Ramah Lingkungan
Fokus menemukan solusi terbaik dan memperbaiki situasi. Lakukan secara konstruktif dan penuh hormat, klien juga akan menghormati kita. Tunjukkan bahwa kita memiliki kualitas pelayanan yang prima.
Berkomunikasi dengan jelas dan ringkas
Komunikasi memegang peranan penting dalam membangun hubungan pelanggan yang baik. Jadi berkomunikasilah secara efektif. Jangan terlalu bertele-tele saat berkomunikasi atau mengirim email.
BACA JUGA:Hot ! Program Bank Mandiri Enteng, Anda Bisa Nyicil 0% hingga 24 Bulan
Sebelum mengirimkan informasi, kita perlu memeriksa ulang apakah semuanya sudah benar atau belum dan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa. Ini menunjukkan kami adalah orang yang profesional dan bertanggung jawab.
Jadilah diri sendiri
Penting untuk menjadi diri sendiri saat membangun hubungan dengan klien. Dengan cara ini, klien mengenali keaslian kita dan tahu cara berkomunikasi dengan benar. Tentu saja hal ini menciptakan hubungan nyata yang bisa bertahan lama.(**)