Mengungkap Tabir Mitos, Simbol dan Manfaat Bunga Kantil, Termasuk Klasifikasinya

Kamis 30-11-2023,14:47 WIB
Reporter : Fran Sinatra
Editor : Ana Mariyohana

BEGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Bunga kantil ataupun ada sebagian masyarakat yang menyebutnya dengan bunga cempaka putih, kerap dihubungkan dengan hal-hal yang berbau gaib. Bagi sebagian orang masih percaya dan sebagian lagi hanya menganggap cerita tersebut sebagai mitos.

Bunga kantil ini juga memiliki makna filosofi atau suatu simbol terhadap suatu sifat ketika dikenakan dalam gaya berpakaian.

BACA JUGA:Pemda Bengkulu 2024 Hanya Diberikan Rp2 Triliun: Ini Rincian Dana Diterima Pemprov

Ada sejumlah fakta yang terkait dengan bunga kantil. Mulai dari klasifikasinya, hingga manfaat dalam gaya hidup yang sehat.

Dikutip dari berbagai sumber, bunga kantil disebut juga dengan sebutan bunga cempaka putih. Selain itu, bunga ini masih punya kekeraban dengan bunga jeumpa.

BACA JUGA:Minum Kopi Sebelum Sarapan, Bisa Meningkatkan Kadar Kecemasan, Termasuk Kadar Gula

Dengan nama latinnya Michelia alba, warna bunga kantil putih dengan panjang sekitar 3-5 cm. Bunga kantil mengeluarkan bau yang harum dan khas.

Pertumbuhan tinggi dari batang bunga ini dapat mencapai hingga 30 meter, merupakan tumbuhan berkayu, dimana pada ranting-rantingnya ditumbuhi bulu-bulu halus yang berwarna keabu-abuan.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Merek Smart TV yang Bagus dan Awet

Bentuk daunnya tunggal, bulat telur serta berwarna hijau, tangkai daunnya agak panjang bahkan hampir mencapai separuh panjang daunnya. Di masyarakat berkembang mitos tentang bunga kantil.

 

Disukai kuntilanak

Dikutip dari berbagai sumber, aroma yang khas dari bunga kantil ini sangat disukai oleh kuntilanak. Sering disebutkan jika pohon kantil seringkali dijadikan sebagai rumah kuntilanak.

BACA JUGA:9 Hotel Terbaik di Kota Bengkulu, Cocok untuk Bermalam Menyambut Tahun Baru 2024

 

Kategori :