Menelisik Kota Terkutuk Madain Saleh, Nabi Muhammad Katakan Menangislah

Minggu 17-12-2023,17:27 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Heri Aprizal

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Tahukah kamu ada tempat yang paling dihindari oleh Nabi Muhammad SAW apalagi pada musim hujan.

Tempat ini dikatakan Nabi Muhammad SAW sebagai tempat terkutuk yakni kota Madain Saleh. Menelisik kota yang dikelilingi bebatuan raksasa yang punya riwayat khusus oleh Rasullulah. 

Dikisahkan pada zaman Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya selalu enggan untuk singgah ke kota Madain Saleh. Kemudian Rasulullah selalu menghindari dan mempercepat langkahnya ketika melewati kota tersebut.

Ibnu Umar RA mengkisahkan ketika Nabi Muhammad SAW melewati daerah tersebut Rasulullah bersabda:

BACA JUGA:As Sahabah, Adalah Masjid Paling Tua di Afrika, Infonya dari Zaman Nabi Muhammad

"Janganlah kalian memasuki tempat tinggal orang-orang yang dzalim, kecuali sambil menangis. Jangan sampai apa yang menimpa mereka bisa menimpa kalian".

Lalu Nabi Muhammad menutup kepalanya dengan kain selendang, dan mempercepat perjalanannya sampai berhasil melewati daerah itu. (HR. Ahmad dan Bukhari). 

Menelisik kota Madain Saleh yang konon katanya banyak jin jahat berada di sana.

Madain Saleh merupakan rumah bagi kaum tsamud atau kaum Nabi Soleh AS yang dikenal dengan kekuatan dan keterampilan ajaibnya dalam membuat ukiran gunung dan konstruksi yang masih bisa dinikmati sampai saat ini. 

BACA JUGA:Kisah Islami: Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Mengeluarkan Air dari Sela-sela Jarinya

Meskipun Nabi Muhammad SAW mengutuk tempat ini dan menghindarinya namun saat ini kota Madain Saleh menjadi wisata nomor 1 di Arab Saudi. Pada tahun 2008 kota tersebut dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Dalam riwayat lain, Nabi Muhammad secara tegas melarang untuk memasuki tempat seperti Madain Saleh, kecuali sambil menangis.

"Janganlah kalian memasuki daerah umat yang diadzab kecuali dengan menangis. Jika kalian tidak bisa menangis, jangan memasuki daerah mereka. Karena adzab yang menimpa mereka jangan sampai, menimpa kalian," (HR. Bukhari).

Dalam sejarahnya Madain Saleh, merupakan kota yang berada di Arab Saudi yang dihuni oleh kaum Tsamud yakni kaum Nabi Saleh AS dan Nabatea.


Meskipun Nabi Muhammad SAW mengutuk tempat ini dan menghindarinya namun saat ini kota Madain Saleh menjadi wisata nomor 1 di Arab Saudi. --Instagram/laiacruzmarco

Kategori :