Lembah Harau, Cocok Dikunjungi Saat Libur Nataru, Terdapat Bukit Bergelombang

Sabtu 23-12-2023,22:17 WIB
Reporter : Gusmantari
Editor : Ana Mariyohana

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com –  Lembah Harau, tentu banyak orang yang sudah tahu. Objek wisata yang berada di sebuah ngarai dalam Kota Payakumbuh, Kabupetan Lima puluh Koto, Provinsi Sumatera Barat.

Keberadaan Lembah Harau ini diapit dua bukit cadas dan terjal dengan ketinggian 150 meter. Di sekitar tebing banyak terdapat batu warna warni.

BACA JUGA:7 Cara Merawat Kucing Ras Bengal yang Dijuluki Si Kucing Mahal

Di Lembah Harau ini juga terdapat bukit bergelombang yang berada 500 - 850 meter di atas permukaan laut. Diantaranya Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak dan Bukit Terantang.

Berjalan kaki  di lembah ini sangatlah menyenangkan, dengan udara yang masih segar kamu juga akan dimanjakan dengan permandangan hijaunya persawahan dan cantiknya tebing batu granit yang menjulang. Bahkan betuknya juga unik mengelilingi lembah.

BACA JUGA:Alasan untuk Umat Islam Tidak Ucapkan Selamat Natal, Ustad Abdul Somad Sebut Ada 3 Hal

Lembah ini sudah dikunjungi orang sejak tahun 1926. Itu dibuktikan dengan monument peninggalan Belanda di kaki air Terjun Sarasah Bunta (salah satu wisata yang berada di Lembah Harau tersebut).

Bagi mereka yang belum tahu ada 3 kawasan objek wisata di Lembah Harau. Pertama, Resort  Akar Berayu yang menyajikan keindahan air terjun dengan kolam renang bernuansa alam asli yang bisa kamu nikmati.

BACA JUGA:Bekerja Harus Punya Adab! Begini Anjuran Islam dalam Bekerja

Selian itu, di kawasan ini sangat berpotensi untuk olahraga penjat tebing. Lantaran memiliki tebing batu yang terjal dan dapat memantulkan suara (Echo). Lalu di kawasan ini juga disediakan homestay yang manfaatkan para wisatawan dengan fasilitas lengkap.

Wisata yang kedua yaitu kawasan objek wisata Resort Sarasah Bunta yang terletak di sebalah timur Aka Berayun.

BACA JUGA:Wow! BOS Tahun 2024 di Sumatera Selatan 1,7 Triliun: Ini Pembagiannya

Berbeda dengan Aka Berayun Resort, Resort Sarasah Bunta ini ada 4 air terjun. Masing-masing Air Terjun Sarasah Aie Luluih, Sarasah Bunta, Sarasah Murai dan Sarasah Aie Angek.

Air terjun di Sarsah Bunta juga memiliki pemandangan yang berbeda-beda seperti halnya Sarash Aie Luluih yang mana air terjun ini mengalir melewati dinding batu dan punya kolam renang alami dan asri di bawahnya.

BACA JUGA:Ini Informasi Kopi ! Awal Kopi Makanan Kambing Ditiru Penggembala Lalu Mendunia

Kategori :