Tips Melembutkan Daging Kurban agar Lebih Empuk, Enak Dibuat Sate

Senin 17-06-2024,19:39 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

Berikut ini tips untuk menggunakan marinasi dari buah nanas, caranya hancurkan buah nanas dan rendam daging ke dalamnya sehingga membuat daging akan lebih empuk.

Jangan memarinasi daging tersebut terlalu lama lantaran rasa yang ditimbulkan dari nanas tersebut dapat merusak cita rasa dari daging, maka dari itu lakukan perendaman secara sebentar.

Karena jika lama, asam yang ditimbulkan dari buah nanas tersebut dapat merusak cita rasa daging yang akan kita olah menjadi sate. Untuk itu lakukan sebentar saja.

Bukan hanya nanas ataupun daun pepaya yang dapat mengempukkan daging diantaranya ada juga menggunakan cuka ataupun baking soda, yang dapat berguna baik mengempukkan daging.

BACA JUGA:Memaknai Idul Adha, Keteguhan Nabi Ibrahim Wujud Ketaatan Hamba dan Peduli Umat Manusia

Bahan baking soda dan cuka tersebut dapat dicampurkan pada permukaan daging karena akan meningkatkan kadar pH daging tersebut. Hal tersebut akan membuat daging lebih empuk.

Tipsnya yaitu dengan mengolesi permukaan daging dengan soda kue, kurang lebih untuk waktunya 10 hingga 20 menit itu akan membuat tekstur daging menjadi lebih empuk.

Namun jangan lupa untuk membilas daging tersebut sebelum anda akan memasukkannya ke dalam kulkas dan atau sebelum dimasak, hal tersebut akan membuat zat pada baking soda tidak masuk ke dalam daging.

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan ketika mengempukkan daging hewan kurban baik itu daging sapi maupun daging kambing, cara tersebut dapat dilakukan ketika anda ingin membuat sate.

BACA JUGA:Masjid Agung Baitul Makmur Curup Sembelih 11 Hewan Kurban, Ini Daftar Lengkap Pesertanya

Atau boleh juga dengan pengolahan daging-dagingan hewan kurban tersebut dengan masakan-masakan rumahan yang memerlukan keempukan dan kelembutan dari daging tersebut.

Tips tersebut dapat Anda coba ketika diaplikasikan ke daging hewan kurban yang anda dapatkan pada saat Idul Adha ini, dengan begitu akan lebih cepat dan mudah mengolah daging hewan kurban menjadi masakan yang bercita rasa.

 

Kategori :