Bayi Anda Sering Terbangun di Malam Hari? Jangan Panik, Begini Cara Ampuh Menidurkannya Kembali

Minggu 23-06-2024,21:19 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Cara menidurkan bayi saat terbangun di malam hari, berikut ini tips yang dapat kalian lakukan jika mengalami hal tersebut.

Bayi mengalami siklus tidur yang sangat berbeda dengan anak-anak pada umumnya, lantaran biasanya bayi terbangun pada beberapa kali saat malam hari. Maka dari itu perlu cara yang tepat dalam menidurkannya kembali.

Tentunya saat bayi terbangun pada malam hari tentu membuat orang tua menjadi kewalahan karena harus terbangun mengikuti siklus dari bayi tersebut, maka dari itu perlu mengambil langkah yang tepat.

Pada dasarnya bayi tersebut memiliki 5 sampai 8 kali siklus pergantian tidur pada malam hari, maka dari itu membuat orang tua tentunya memiliki kualitas tidur yang juga tidak beraturan.

BACA JUGA:Wow! Harga Sayuran di Bengkulu Alami Kenaikan Signifikan, Ini Penyebabnya

Biasanya bayi-bayi tersebut akan membuat orang tuanya mengambil langkah dalam mendiaminya dengan cara menggendong atau dengan cara memberikan susu pada bayi tersebut.

Maka dari itu Orang tua harus memiliki respon yang baik terhadap kebutuhan bayi yang terbangun pada malam hari tersebut sehingga bayi tersebut akan merasa nyaman dan aman dan dapat tidur kembali.

Rasa aman yang diberikan ibu kepada bayinya akan membuat dirinya memiliki kemampuan dalam menenangkan diri atau yang disebut dengan self soothing skill. 

Berikut ini cara untuk menenangkan bayi di malam hari agar dia saat siklus bangun dapat tidur kembali dengan kemampuan self soothing skillnya :

BACA JUGA:Bukan Cuma Gundul, Berikut Tanda-tanda Lain Ban Mobil Harus Diganti, Lakukan Segera Supaya Tidak Celaka!

1. Biarkan bayi untuk coba tidur sendiri

Setelah memberikan apa yang menjadi kebutuhan baik biarkan bayi tersebut untuk coba tidur sendiri tanpa harus digendong itu akan memberikan pelajaran bagi dirinya dalam melatih self shooting skill.

2. Atasi ketidaknyamanannya

Jika bayi menangis dengan keras tanpa henti atau tanpa jeda lihat Berarti ada ketidaknyamanan yang ada pada dirinya periksalah popoknya jangan-jangan itu yang membuat dia merasa risih.

Bisa juga mengenai tempat tidurnya yang sedikit membuat dia tidak nyaman atau suhu dari ruangan tersebut bisa jadi itu berpengaruh terhadap kenyamanan tidurnya.

Kategori :