Benarkah Mukena Hanya Dipakai di Indonesia? Ternyata Ini Sejarahnya

Senin 08-07-2024,16:38 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Benarkah mukena hanya dipakai oleh orang-orang Indonesia, yang mana di luar negeri banyak orang tidak mengenal dengan mukena? Berikut sejarahnya.

Mukena merupakan bagian dari peralatan yang digunakan oleh seorang muslimah ketika sedang melakukan salat atau ibadah, biasanya seringkali Muslimah Indonesia yang menggunakannya.

Bahkan jika ketika salat di Indonesia tidak menggunakan mukena terlihat muslimah tersebut tampak berbeda dari yang lain.

Berbeda dengan orang-orang atau muslimah yang berada di negara luar. Mereka tampak menggunakan pakaiannya sendiri dengan beberapa alat untuk menutupi aurat mereka untuk melakukan ibadah salat.

BACA JUGA:Terlibat Judi Online, Perangkat Desa di Rejang Lebong Terancam Diberhentikan

Di Indonesia kebanyakan menjadi suatu keharusan ketika sedang beribadah salat harus menggunakan mukena. Siapakah yang memperkenalkan pertama kali penggunaan mukena tersebut?

Ternyata mukena merupakan bagian dari kebudayaan yang pertama kali diperkenalkan oleh Wali Songo saat pertama kali menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Pada awalnya masyarakat Jawa menggunakan kain atau jarik sebagai pakaian mereka di kehidupan keseharian, maka dari itu melihat fenomena tersebut kemudian Wali Songo memperkenalkan mukena.

Mukena ini digunakan sebagai alat untuk menutup aurat para wanita masyarakat Jawa dalam melakukan ibadah salat, hal ini diambil langkah untuk tidak langsung memaksakan kebudayaan masyarakat lama.

BACA JUGA:174 ASN di Rejang Lebong Pensiun, Siap-Siap Peluang terbuka Seleksi PPPK dan CPNS

Untuk mengambil jalan tengah atas benturan kebudayaan dan syariat Islam maka dari itu diperkenalkanlah mukena sebagai bentuk dari pembelajaran dalam menutup aurat.

Sehingga tidak terkesan memaksakan syariat Islam tersebut dan ajaran tersebut mulai diterima oleh masyarakat bahkan meluas sampai ke berbagai daerah di Indonesia.

Sehingga masyarakat Jawa umumnya para wanita tetap akan kebudayaannya menggunakan kain atau jarik dalam berpakaian sehari-hari namun ketika salat mereka menggunakan mukena.

Dalam penyebaran dan perkembangan Islam hingga saat ini mukena identik sekali untuk melakukan ibadah khususnya salat untuk wanita muslimah di Indonesia.

BACA JUGA:Astra Financial Perkuat Dukungan pada Industri Otomotif dengan Sponsor Platinum GIIAS 2024

Kategori :