4 Manfaat Pelepah Pisang, Bukan Hanya untuk Sumber Makanan

Selasa 09-07-2024,14:18 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

3. Pakan ternak

BACA JUGA:Berjemur Pagi Hari Dianjurkan untuk Bayi, Ini Manfaat dan Waktunya yang Tepat

Nutrisi yang terkandung dalam pelepah pisang juga baik sekali bukan hanya untuk bahan pertanian menjadi pupuk nabati namun juga dapat digunakan sebagai pakan ternak.

Makan ternak dari pelepah pisang ini berguna baik untuk hewan seperti sapi ataupun kambing karena nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat menggemukkan hewan-hewan ternak tersebut.

Pelepah pisang ini dapat menjadi campuran dari makanan hewan tersebut dengan cara dicacah dan dijadikan tambahan nutrisi untuk pakan ternak hal ini Lantas pelepah pisang memiliki nutrisi dan gizi yang baik.

4. Lukisan

Ternyata ada seorang seniman asal Cimahi yang melakukan pelepah pisang dapat dijadikan sebagai lukisan yang bernilai jual dan juga bernilai seni yang tinggi.

BACA JUGA:Latiao Makanan Asal China Dijual Bebas di Festival Tabut, Halalkah?

Model Umboh melakukan lukisan menggunakan pelepah pisang ini dengan cara seni gunting tempel yang kemudian diaplikasikan membentuk sebuah lukisan yang sangat indah.

Ternyata limbah yang selama ini kita ketahui banyak sekali tidak ada gunanya ini ternyata bermanfaat baik jika dilakukan untuk seni yang bernilai tinggi di tangan orang-orang yang istimewa.

Itulah manfaat dari pelepah pisang bukan hanya dijadikan sebagai bahan makanan namun berguna baik untuk berbagai kegiatan yang sederhana namun memiliki nilai jual.

Bahkan dari kerajinan tangan pelepah pisang sendiri sudah banyak sekali penjualan sampai ke luar negeri menunjukkan bahwa kreativitas masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan limbah tersebut.

Kategori :