4 Manfaat Pelepah Pisang, Bukan Hanya untuk Sumber Makanan

Selasa 09-07-2024,14:18 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Tidak ada tumbuhan yang tidak ada manfaatnya di dunia ini, maka dari itu Tuhan ciptakan untuk membantu manusia atas apapun yang diciptakannya.

Berikut ini 4 manfaat dari pelepah pisang yang bukan hanya dijadikan sebagai untuk sumber bahan makanan, namun banyak sekali manfaat yang anda dapatkan.

Bahkan ada yang menganggap pelepah pisang ini tidak ada manfaatnya sama sekali sehingga kebanyakan dari masyarakat ada yang membuangnya dan menjadikannya sebagai limbah.

Meskipun terabaikan ternyata limbah ini memiliki banyak sekali potensi yang luar biasa untuk dimanfaatkan sebagaimana mestinya dan dapat berfungsi baik namun sering diabaikan.

BACA JUGA:Sikapi Masalah Sampah, DLH Kota Bengkulu Kerahkan 75 Petugas Kebersihan Selama Festival Tabut 2024

Berikut ini 4 manfaat dari pelepah pisang bukan hanya digunakan untuk sumber makanan diantaranya adalah :

1. Kerajinan Tangan

Ternyata pelepah pisang sering juga digunakan untuk sebagai bahan kerajinan tangan biasanya dijadikan bahan baku anyaman apalagi di daerah pelosok negeri banyak yang membuat kerajinan tangan menggunakan pelepah pisang.

Bisa jadi pelepah pisang ini menjadi bahan baku kerajinan tangan dengan membuat tikar, topi, tas atau bahan kerajinan untuk rumah tangga lainnya dengan pengeringan pelepah pisang.

Pelepah pisang ini memiliki kegunaan dalam kerajinan tangan tentunya dengan cara pengeringan terlebih dahulu kerajinan tangan yang memiliki kualitas yang baik dan tahan lama.

BACA JUGA:Masih Satu Pulau yang Sama, Ini 6 Perbedaan Antara Suku Jawa dan Suku Sunda

2. Pupuk nabati

Pelepah pisang dapat dijadikan sebagai bahan pupuk nabati yang berguna baik untuk pertumbuhan tanaman karena pelepah pisang sendiri memiliki nutrisi dan senyawa yang baik dalam merangsang tanaman.

Tentunya pupuk nabati dari pelepah pisang ini dapat memperbaiki unsur hara pada tanah dan juga bermanfaat baik untuk kesuburan tanaman berikut juga daun dan bunganya.

Ini akan menjadi salah satu alternatif pupuk nabati yang tentunya akan ramah lingkungan yang menjadi pilihan dari para petani untuk sistem pertanian dengan bahan yang murah tentunya.

Kategori :