Kertas dari Pelepah Pisang, Begini Cara Pembuatannya

Selasa 09-07-2024,14:58 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Banyak sekali pohon pisang yang tumbuh di wilayah Indonesia karena memang dibudidayakan oleh para petani Indonesia.

Siapa yang dapat menyangka ternyata kertas bisa dibuat dari pelepah pisang, begini cara pembuatannya dan tentunya akan lebih ramah lingkungan penggunaan limbah tersebut.

Selama ini pelepah pisang hanya dijadikan sebagai limbah yang tidak ada gunanya dan tidak ada manfaat atau bisa juga di beberapa daerah dijadikan sebagai bahan makanan.

Namun, tahukah kamu bahwa pelepah pisang bisa dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat kertas, selama ini kita ketahui bahwa kertas biasanya dibuat dari serat kayu.

BACA JUGA:Selain Siksa Kubur Karya Joko Anwar, Ini Deretan Film Indonesia yang Tampil di BIFAN 2024

Bukan hanya pelepah pisang ini digunakan sebagai bahan kerajinan seperti Hand Craft yang sudah banyak sekali diciptakan oleh para pengrajin yang ada di berbagai daerah.

Kalian dapat membuat pelepah pisang menjadi sebuah kertas yang tentunya berguna baik, begini cara pembuatannya :

Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah lakukan pemotongan atau cacah pelepah pisang kurang lebih 3 cm * 3 cm jika lebih kecil akan lebih baik dalam pengolahan kertas dari pelepah pisang ini.

Setelah melakukan pencacahan pada pelepah pisang tersebut Anda dapat melakukan langkah berikutnya, jemur cacahan pelepah pisang tersebut kurang lebih 1 jam agar berkurang kandungan air di dalamnya.

BACA JUGA:4 Manfaat Pelepah Pisang, Bukan Hanya untuk Sumber Makanan

Kemudian Anda dapat menggiling atau melakukan pemblenderan pada cacahan pelepah pisang yang sudah dijemur tambahkan sedikit air agar mudah dalam penghalusan.

Bahan yang sudah dihaluskan tersebut atau sudah dijadikan bubur pulp masukkan pewarna dan air sebanyak 200 mili campur semua bahan tersebut menjadi satu dan aduk sampai merata.

Setelah mengalami pengadukan secara merata diamkan bahan baku kertas tersebut dari pelepah pisang selama kurang lebih 15 menit setelah itu saring agar kadar airnya berkurang.

Siapkan meja atau alat yang rata kemudian tuangkan pulp ke wadah cetakan khusus untuk membuat selembar kertas tuangkan hingga merata sesuaikan dengan ukuran yang sudah ditentukan.

BACA JUGA:Telah Dihuni 30 Ribu Tahun Lalu, Ini Asal Usul Orang Nias yang Ada di Indonesia

Kategori :