Kertas dari Pelepah Pisang, Begini Cara Pembuatannya

Selasa 09-07-2024,14:58 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

Tahap selanjutnya Anda dapat memberikan di atas adonan tersebut untuk meletakkan plastik bening dan ratakan bahan adonan pulp tersebut diatas wadah yang disiapkan.

Lakukan perataan pada pulp dengan penggiling roti hingga benar-benar diperkirakan sudah cukup merata pastikan tidak ada lagi lobang yang dapat merusak kesempurnaan kertas yang ingin anda buat.

Lakukan penjemuran pada pulp yang berada di atas wadah yang sudah diratakan tadi di bawah sinar matahari hingga berlangsung 3 sampai 4 jam atau benar-benar sudah kering.

Jika sudah kering dapat anda lepaskan dari wadah cetakan tersebut dan rapikan semua sisinya agar tampak benar-benar seperti kertas pada umumnya yang anda butuhkan.

BACA JUGA:Dessert Jadul yang Rasanya Manis, Resep Kue Ketan Srikaya Gula Merah Cocok Buat Camilan Nonton

Itulah cara pembuatan kertas dari pelepah pisang yang sangat ekonomis dan mudah untuk dilaksanakan sehingga menjadi bagian produksi yang memiliki nilai jual.

Tentunya keunikan pelepah pisang dibuat menjadi kertas ini dapat lebih maksimal lagi ketika menggunakan sebuah teknologi yang benar-benar dikhususkan untuk hal tersebut.

Ini akan menjadi perkembangan pada dunia industri jika dikembangkan secara baik dalam penggunaan pelepah pisang menjadi bahan baku pembuat kertas alami.

Dimana ini akan menjadikan salah satu alternatif pengganti serat kayu yang lambat laun akan merusak lingkungan, sedangkan ini merupakan limbah yang baik digunakan untuk melestarikan lingkungan.

Kategori :