Pemilik Kendaraan Mobil Wajib Tahu Cara Mengecek Kampas Rem dan Tanda-tanda Kampas Rem Sudah Habis

Kamis 11-07-2024,18:03 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

Salah satu tanda paling umum adalah bunyi decit atau menderu saat Anda menginjak pedal rem.

Bunyi ini sering kali disebabkan oleh indikator aus pada kampas rem yang dirancang untuk membuat suara saat kampas rem sudah tipis dan memerlukan penggantian segera.

2. Pedal rem terasa lebih lunak

Jika pedal rem terasa lebih lunak dari biasanya atau jika Anda perlu menekan pedal lebih dalam untuk mendapatkan efek pengereman yang sama, ini bisa menunjukkan bahwa kampas rem sudah aus.

3. Jarak pengereman lebih panjang

Jika Anda merasa mobil memerlukan jarak pengereman yang lebih panjang dari biasanya untuk berhenti, ini bisa menjadi tanda bahwa kampas rem sudah habis atau tidak berfungsi dengan baik.

4. Getaran atau goyangan saat menginjak rem

Kadang-kadang, kampas rem yang aus atau cakram rem yang tidak rata dapat menyebabkan getaran atau goyangan pada pedal rem atau kemudi saat menginjak rem.

BACA JUGA:4 Tips Merawat Aki Mobil Ketika Parkir Lama, Salah Satunya Nyalakan Mesin 3 Hari Sekali

BACA JUGA:5 Cara Melepas Aki Mobil yang Benar, Salah Satunya Pastikan Kunci Kontak Posisi Off

5. Cakram rem atau drum rem terlihat aus

Periksa visual cakram rem atau drum rem jika memungkinkan. Jika Anda melihat bahwa permukaan cakram atau drum sudah terlalu aus atau terdapat retakan, ini dapat menjadi tanda bahwa kampas rem sudah terlalu aus dan perlu segera diganti.

6. Cairan rem berkurang

Jika cairan rem sering kali harus ditambahkan, ini bisa menandakan adanya kebocoran pada sistem rem atau bahwa kampas rem sudah tipis dan memerlukan penggantian.

Apabila Anda mengalami salah satu atau beberapa dari tanda-tanda tersbut, maka sangat disarankan untuk segera memeriksakan dan mengganti kampas rem mobil Anda, dimana sistem rem yang baik adalah kunci untuk menjaga keselamatan Anda dan orang lain di jalan.

 

Kategori :