Bakamla RI Bakal Bangun Stasiun di Pulau Enggano, Pemprov Bengkulu Siap Hibahkan Lahan

Jumat 12-07-2024,09:53 WIB
Reporter : Febi Elmasdito
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pemprov Bengkulu bakal menghibahkan lahan di Pulau Enggano untuk Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI).

Lahan yang akan dihibahkan ini telah disiapkan seluas 12 hektar, yang mana ini merupakan tidak lanjut  permohonan dari pihak Bakamla RI yang meminta Pemrov Bengkulu untuk menghibahkan lahan yang rencanakan akan didirikan stasiun Bakamla RI di Provinsi Bengkulu.

Rapat tentang penetapan pengalokasian ruang dan lahan untuk Badan Keamanan Laut (Bakamla RI) ini telah dilakukan Kamis 11 Juli 2024 kemarin.

Rapat ini diikuti oleh Kepala BPKAD, Dishub, DKP, Biro Hukum, Biro Bangda, serta Biro Pemkesra Setda Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Remaja di Bengkulu Ditusuk Pisau Usai Ribut dan Cekcok di Tongkrongan, Pelaku Diamankan Polisi

BACA JUGA:Ramalan Percintaan Shio Ular di Akhir Tahun 2024! Cari Tahu Nasib Percintaanmu di Akhir Tahun ini

Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Khairil Anwar menyebutkan rencananya Pemerintah Provinsi Bengkulu akan menghibahkan lahan seluas 12 hektar di Desa Malakoni, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara.

Di lahan tersebut nanti, jelas Khairil, akan dibangun fasilitas sarana dan prasarana penunjang pengamanan laut, terutama di pulau terluar yaitu Pulau Enggano.

"Lahan yang akan kita serahkan atau kita hibahkan ini nanti tentu lahan yang sudah bersertifikat dan sudah 'clear and clean' serta sudah tercatat pada aset kita," sebut Khairil.

Lanjutnya, dari hasil rapat yang dilakukan, ada beberapa opsi lahan yang akan diserahkan kepada Bakamla, baik lahan milik aset Pemerintah Provinsi Bengkulu ataupun hibah lahan dari masyarakat Enggano.

BACA JUGA:Jenis-jenis Tanaman Hijau dan Tips Memilih Tanaman Hijau untuk di dalam Ruangan

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Ini Manfaat Memelihara Tanaman Hijau di dalam Rumah dan Tips Merawatnya

"Sedapat mungkin, lahan tersebut berdekatan dengan pelabuhan laut di Pulau Enggano, yaitu di Desa Malakoni dan Kahyapu agar akses Bakamla dapat cepat dan lancar," sampainya.

Rencananya, jelas Khairil, salah satu opsi lokasi lahan yang akan dihibahkan yaitu lahan di SMAN 6 Enggano seluas lebih kurang 12 hektar yang merupakan aset Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Selain itu, lanjutnya, opsi lainnya yaitu lahan masyarakat yang bisa dihibahkan untuk Bakamla.

Kategori :