Cat Lovers Wajib Tahu! Begini Tips Mengatasi dan Merawat Bulu Kucing yang Rontok

Selasa 16-07-2024,13:17 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU,COM - Bulu kucing yang rontok atau gugur adalah hal yang normal dalam siklus pertumbuhan bulu pada kucing.

Kucing yang mengalami proses regenerasi bulu dimana bulu-bulu lama akan rontok untuk memberikan tempat bagi bulu baru yang lebih sehat.

Faktor-faktor seperti musim, perubahan hormon, kesehatan umum kucing, dan juga pola makan dapat mempengaruhi intensitas dan kecepatan rontok bulu.

Apabila Anda mengamati peningkatan yang signifikan dalam rontok bulu atau adanya tanda-tanda lain yang mencurigakan yaitu seperti iritasi kulit atau ketidaknyamanan, maka sebaiknya Anda cari tahu apa penyebabnya.

Nah, kali ini Rakyatbengkulu.com telah merangkum dari berbagai sumber tentang tips dan cara mengatasi dan merawat bulu kucing yang rontok.

BACA JUGA:Limbah Ampas Sawit Ternyata Bisa Diolah Jadi Pupuk, Ini Segudang Manfaatnya untuk Tanaman

BACA JUGA:Heboh di Media Sosial! Seorang Pria Temukan Benda Diduga Jentik Nyamuk di Air Kemasan Galon

1. Tips Mengatasi Bulu Kucing yang Rontok

- Sisir secara teratur

Gunakan sisir khusus bulu kucing untuk menyikat bulu secara teratur. Ini membantu menghilangkan bulu yang rontok dan mencegahnya menumpuk di seluruh rumah.

- Perhatikan pola makan

Pastikan kucing Anda mendapatkan makanan yang kaya akan nutrisi, terutama asam lemak omega-3 dan omega-6 yang mendukung kesehatan bulu.

- Suplemen

Pertimbangkan untuk memberikan suplemen yang direkomendasikan oleh dokter hewan, seperti minyak ikan, untuk meningkatkan kesehatan bulu.

- Beri perhatian pada kebersihan lingkungan

Kategori :