4 Tips dan Metode Ampuh Membersihkan Noda pada Pakaian

Sabtu 20-07-2024,19:19 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - 4 tips dan metode ampuh yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan noda pada pakaian.

Banyak sekali macam noda yang dapat mengganggu pakaian Anda mulai dari noda darah, noda getah, noda karena minyak dan noda karena tinta.

Caranya menghilangkannya ternyata cukup mudah dengan menggunakan bahan-bahan yang sangat mudah juga didapatkan yang ada di sekitar kita, dengan begitu pakaian akan tampak seperti baru lagi karena tanpa noda.

Berikut ini 4 tips yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan noda pada pakaian Anda dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar, yakni:

BACA JUGA:BMKG Ingatkan Warga Bengkulu untuk Selalu Waspada Terhadap Potensi Gempa

1. Membersihkan noda darah di pakaian

Noda darah pada pakaian merupakan hal yang sangat mengganggu sehingga harus dibersihkan, jika lama dibersihkan akan sangat susah sekali untuk dihilangkan dari kain pakaian Anda.

Begini cara untuk menghilangan noda darah pada pakaian Anda, cukup merendamnya dengan air dingin atau air garam selama 30 menit selanjutnya rendam kembali dengan detergen selama 30 menit. 

Sesudah melakukan perendaman Anda dapat sedikit kucek dan bilas pakaian hingga bersih, ingat jangan Anda rendam di air yang hangat karena akan malah menyebabkan noda darah menjadi susah untuk dibersihkan.

Penting sekali untuk menggunakan air dingin dalam menghilangkan noda darah pada pakaian Anda agar benar-benar bersih dari noda tersebut. 

BACA JUGA:Bapenda Kota Bengkulu: Program Pemutihan PBB Berlanjut Hingga Desember 2024

2. Menghilangkan noda getah di pakaian

Noda getah di pakaian juga merupakan salah satu kendala yang dihadapi oleh para ibu rumah tangga khususnya pada baju suami yang terkena getah saat melakukan aktivitas pekerjaan.

Apalagi jika pekerjaan itu berkaitan dengan pertanian akan sangat mudah sekali terkena noda getah. Untuk itu begini cara menghilangkan noda getah pada pakaian anda.

Untuk menghilangkan noda getah di pakaian anda cukup menggunakan rendaman air panas, kemudian gosok dengan jeruk nipis pada lingkar getah tadi dan selanjutnya cucilah hingga noda getah tersebut hilang.

3. Mengatasi noda minyak goreng di pakaian

Untuk menghilangkan noda minyak goreng pada pakaian begini cara yang dapat anda gunakan, karena ini merupakan masalah yang dihadapi oleh ibu rumah tangga yang sehari-hari berada di dapur.

BACA JUGA:Temukan Kebahagiaan dengan Mudah, Ini 8 Sikap Positif yang Dimiliki Orang Bahagia

Berikut ini cara untuk menghilangkan noda minyak dari pakaian, sebaiknya langsung saja ditaburi talk atau bedak bayi pada bagian yang terkena minyak yang kemudian biarkan beberapa saat untuk direndam.

Setelah dilakukan perendaman Anda dapat mencucinya dengan sabun atau deterjen hingga benar-benar noda tersebut hilang dari pakaian Anda, itulah yang dapat anda lakukan.

4. Menghilangkan noda tinta di pakaian

Selanjutnya untuk noda tinta di pakaian Anda cukup menggunakan bahan-bahan berikut ini.

Dengan cara oleskan alkohol pada bagian yang terkena tinta kemudian gosoklah, setelah itu baru direndam, cara ini akan sedikit mengurangi noda tinta di pakaian anda.

BACA JUGA:Selamat Tinggal Keriput, Ini 7 Tips Memilih Skincare untuk Usia 40 Tahun agar Kulit Kencang dan Sehat

Itulah tips yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan noda pada pakaian anda dengan menggunakan bahan-bahan di sekitar Anda dijamin pakaian akan tampak seperti baru lagi.

 

 

Kategori :