Manfaatkan Botol Bekas Minuman Kemasan untuk Tanaman Sawi, Begini Prosesnya

Senin 22-07-2024,15:34 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Botol bekas minuman kemasan menjadi salah satu limbah yang tidak bisa didaur ulang kembali, untuk itu bisa digunakan sebagai media dalam bertanam.

Manfaatkan botol bekas minuman kemasan untuk tanaman sawi, begini proses yang dapat anda lakukan untuk menjadikan botol kemasan tersebut menjadi sesuatu yang berguna.

Tentunya ini sangat bermanfaat sekali sehingga dapat mengurangi sampah atau limbah dari botol bekas kemasan dengan cara dimanfaatkan sebagai media tanam sawi.

Sayuran sawi merupakan makanan yang mengandung banyak sekali serat nutrisi dan mineral di dalamnya sangat bagus sekali dikonsumsi untuk makanan sehari-hari.

BACA JUGA:Tanah Sehat Kunci Tanaman Subur dan Panen Berlimpah, Begini Tips Perbaikan Tanah

Jangan khawatir, kalian bisa berkebun di rumah dengan menggunakan bekas botol kemasan yang dapat dimanfaatkan sebagai media tanam sawi. Begini prosesnya :

1. Menyiapkan Botol

Pertama Anda dapat menyiapkan bekas botol kemasan yang sudah dibersihkan dan potong botol lepaskan bagian atas atau potong lubang besar di samping.

Setelah dilakukan pemotongan di bagian atas ataupun lubang besar di sampingnya Anda dapat membuat lubang drainase, colek beberapa lubang di bagian bawah dengan paku atau obeng.

Untuk memudahkan Anda membuat lubang Anda dapat memanaskan terlebih dahulu paku atau obeng kemudian Anda dapat tusuk di bagian yang anda inginkan untuk membuat lubang tersebut.

BACA JUGA:3 Tanaman Hias di Kamar Tidur untuk Penghilang Stres, Bisa Bikin Tidur Nyenyak dan Nyaman

2. Isi dengan Tanah

Untuk berikutnya Anda dapat menambahkan tanah dengan cara isi botol dengan tanah pot atau campuran tanah yang dikeringkan dengan baik, tinggalkan sekitar satu inci dari atas.

Namun, anda dapat melembabkan tanah dengan cara siram tanah dengan ringan hingga lembab merata, hal ini berguna baik untuk membuat tanah tersebut menjadi siap tanam.

3. Menabur benih

Kategori :