7 Efek Mengonsumsi Telur Rebus Secara Berlebihan, Bisa Sebabkan Kolesterol Tinggi hingga Risiko Infeksi

Minggu 11-08-2024,10:03 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM   - Telur rebus adalah sumber protein yang berkualitas tinggi, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Namun, bila mengonsumsi telur secara berlebihan tentu dapat menimbulkan beberapa efek negatif.

Berikut adalah beberapa potensi efek dari konsumsi telur rebus secara berlebihan yang telah Rakyatbengkulu.com rangkum dari berbagai sumber, ialah sebagai berikut:

1. Kenaikan Kolesterol

- Kolesterol Tinggi: Telur mengandung kolesterol, dan konsumsi telur dalam jumlah yang sangat tinggi bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah, terutama jika Anda sudah memiliki risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:Pekerjaan yang Cocok untuk 6 Shio di Tahun Ular Kayu 2025: Yuk Cari Tahu!

BACA JUGA:Pekerjaan yang Cocok di Tahun Ular Kayu 2025 untuk 6 Shio: Tips Memilih Karier yang Tepat! (Part 2)

- Efek Kesehatan: Peningkatan kadar kolesterol LDL dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Namun, bagi kebanyakan orang yang sehat, konsumsi telur dalam jumlah moderat tidak terlalu memengaruhi kadar kolesterol darah.

2. Gangguan Pencernaan

- Masalah Pencernaan: Konsumsi telur berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti kembung, gas, atau konstipasi pada beberapa orang, terutama jika diet mereka kurang serat.

- Efek pada Sistem Pencernaan: Telur adalah makanan protein tinggi dan mungkin lebih sulit dicerna dalam jumlah besar.

3. Alergi

- Alergi Telur: Beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap protein telur. Meskipun ini biasanya lebih umum pada anak-anak, mengonsumsi telur dalam jumlah besar bisa memicu reaksi alergi pada individu yang sensitif.

- Gejala Alergi: Gejala alergi telur termasuk ruam kulit, gatal-gatal, dan dalam kasus yang lebih parah, kesulitan bernapas.

BACA JUGA:Wow! Ini 3 Shio yang Diramalkan Bakal Memimpin di Tahun Ular Kayu 2025

Kategori :