Ariyono-Harialyyanto Lolos Verfak, Siap Bertarung di Pilwakot Bengkulu 2024

Selasa 13-08-2024,21:48 WIB
Reporter : Febi Elmasdito
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu dari jalur independen, Ariyono Gumay dan Harialyyanto, resmi dinyatakan memenuhi syarat untuk maju dalam Pemilihan Walikota (Pilwakot) Bengkulu 2024. Pasangan ini menyatakan siap untuk bertarung dalam kontestasi politik tersebut.

Paslon independen ini berhasil lolos Verifikasi Faktual (Verfak) tahap kedua yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu. 

Mereka melewati batas minimal syarat dukungan, yaitu 22.967 dukungan, dengan total dukungan mencapai 26 ribu.

Ketua KPU Kota Bengkulu, Rayyendra Pirasad, mengungkapkan bahwa Ariyono dan Harialyyanto telah memenuhi ambang batas minimal dukungan yang diperlukan.

BACA JUGA:PKS Resmi Dukung Pasangan Rohidin-Meriani di Pilgub Bengkulu 2024

BACA JUGA:Infografis: Dana untuk Masyarakat Peduli Lingkungan

"Minimalnya 22 ribu, dan Ariyono serta Harialyyanto melewati itu dengan 26 ribu dukungan yang sudah diverifikasi dan dinyatakan memenuhi syarat," ujar Rayyendra dikutip KORANRB.ID, Selasa 12 Agustus 2024.

Rayyendra juga menjelaskan bahwa Verfak merupakan tahap krusial bagi pasangan calon independen untuk bisa maju dalam Pilwakot. Pengesahan resmi pasangan calon ini akan dilakukan dalam pleno penetapan pada 19 Agustus 2024 mendatang.

Sebelumnya, proses Verfak melibatkan pengecekan dukungan langsung dari masyarakat melalui berbagai tahapan, termasuk verifikasi administrasi dan faktual di lapangan. 

Dengan hasil ini, Ariyono dan Harialyyanto menjadi pasangan independen pertama yang memastikan diri maju di Pilwakot Bengkulu 2024.

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Komitmen Tambah Kekurangan Anggaran Bawaslu

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Kukuhkan Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak

“Dalam pleno penetapan nanti, kita akan mengesahkan pasangan calon yang telah memenuhi syarat jalur perseorangan,” jelas Rayyendra.

Sementara itu, Ariyono Gumay mengungkapkan keyakinannya setelah lolos Verfak dan menyatakan bahwa hanya tinggal menghitung hari sebelum mereka resmi bertarung di Pilwakot.

"Kami siap bertarung. Hari ini kita perkuat lagi tim-tim, dan ini adalah angin segar bagi tim. Kita optimis menang," ucap Ariyono.

Kategori :