10 Cara Merawat Suspensi Sepeda Motor Agar Awet Selain Melakukan Inspeksi Rutin, Pemilik Wajib Tahu!

Jumat 16-08-2024,09:08 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM - Merawat suspensi sepeda motor, baik bagian depan maupun belakang, adalah hal yang sangat penting untuk menjaga performa dan keamanan berkendara.

Suspensi yang dirawat dengan baik akan berfungsi secara optimal, memberikan peredaman yang efektif terhadap guncangan dan getaran dari permukaan jalan, serta meningkatkan kenyamanan berkendara.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk merawat suspensi sepeda motor Anda, yang telah dirangkum oleh Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber:

1. Inspeksi Rutin

- Pemeriksaan Visual: Secara berkala, periksa kondisi sok motor dari kebocoran oli, retakan, atau kerusakan lainnya. Pastikan tidak ada tanda-tanda oli bocor di sekitar tabung sok.

BACA JUGA:Keberuntungan Sosial! Shio yang akan Menjadi Pusat Perhatian di Tahun Ular Kayu 2025

BACA JUGA:BPIP Akhirnya Mengalah, Minta Maaf dan Perbolehkan Paskibraka Putri Mengenakan Jilbab

- Cek Kebocoran: Periksa apakah ada oli yang menempel di bagian luar sok, karena ini bisa menjadi tanda kebocoran pada seal.

2. Bersihkan Sok Motor

- Pembersihan Rutin: Gunakan lap lembut dan air sabun untuk membersihkan bagian luar sok motor dari kotoran dan debu. Pastikan tidak ada kotoran atau pasir yang menempel pada bagian sok.


10 Cara Merawat Suspensi Sepeda Motor Agar Awet Selain Melakukan Inspeksi Rutin, Pemilik Wajib Tahu!--Dok.rayatbengkulu.com

- Keringkan: Setelah membersihkan, keringkan dengan lap bersih untuk menghindari kelembapan yang dapat menyebabkan korosi.

3. Periksa dan Isi Oli (Jika Perlu)

- Periksa Level Oli: Jika sok motor menggunakan oli, pastikan level oli berada pada batas yang disarankan. Beberapa sok motor mungkin memiliki reservoir terpisah yang memerlukan pemeriksaan.

- Ganti Oli: Ikuti panduan pabrikan untuk mengganti oli suspensi jika diperlukan. Biasanya, oli suspensi perlu diganti setiap beberapa ribu kilometer atau sesuai rekomendasi pabrikan.

Kategori :