10 Cara Merawat Suspensi Sepeda Motor Agar Awet Selain Melakukan Inspeksi Rutin, Pemilik Wajib Tahu!

Jumat 16-08-2024,09:08 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

BACA JUGA:Ramalan Top 4 Shio dengan Transformasi Hidup Positif di Tahun Ular Kayu 2025!

BACA JUGA:Honda Beat Hanya Rp2,05 Juta, Langsung Bisa Dibawa Pulang: Simak Lengkapnya di Sini

4. Cek Tekanan dan Penyesuaian

- Tekanan Udara: Jika sok motor Anda menggunakan udara untuk penyesuaian, periksa tekanan udara secara berkala dan sesuaikan sesuai spesifikasi pabrikan.

- Penyesuaian Kekerasan: Sesuaikan kekerasan suspensi dengan beban dan gaya berkendara Anda. Penyesuaian ini bisa melibatkan preload, kompresi, dan rebound.

5. Lakukan Pemeriksaan Profesional

- Servis Berkala: Bawa motor ke bengkel terpercaya untuk pemeriksaan dan servis suspensi secara berkala. Mekanik dapat memeriksa dan memperbaiki masalah yang mungkin tidak terlihat secara visual.

- Perbaikan Segera: Jika Anda merasakan masalah seperti ketidakstabilan, kebocoran, atau suara yang tidak normal, segera bawa ke bengkel untuk diperiksa.

BACA JUGA:Paket Agustus Hemat Tiada Lawan dari Astra Motor Bengkulu, Ini Keuntungan Beli Honda Scoopy dan Vario 125

BACA JUGA:Tenor 15 Tahun, PNS Bisa Pinjam Dana Rp410 Juta – Rp450 Juta Dengan Angsuran Ringan

6. Perhatikan Beban dan Penggunaan

- Beban Maksimum: Hindari membawa beban yang melebihi kapasitas maksimum yang direkomendasikan untuk sepeda motor Anda. Beban berlebih dapat mempengaruhi kinerja suspensi.

- Hindari Jalan Kasar: Jika memungkinkan, hindari jalan yang sangat bergelombang atau kasar untuk memperpanjang umur suspensi.

7. Periksa Komponen Lain

- Cek Komponen Pendukung: Pastikan komponen suspensi seperti bearing, bushings, dan mounting bolts dalam kondisi baik dan tidak ada yang kendor. Periksa apakah ada keausan atau kerusakan pada bagian-bagian ini.

8. Ikuti Petunjuk Pabrikan

Kategori :