Atasi Stres dari Sekarang, Ini Saran dari Maudy Ayunda

Selasa 20-08-2024,21:51 WIB
Reporter : Kharisma Rahma Amanda
Editor : Heri Aprizal

RAKYATBENGKULU.COM – Setiap orang pasti pernah merasakan stres. Stres adalah perasaan yang sangat umum dirasakan pada setiap orang saat berada di bawah tekanan atau kesulitan dalam menghadapi suatu situasi.

Stres adalah respon fisiologis tubuh terhadap situasi fisik dan emosional yang tidak diinginkan.

Pasti sudah familiar dong buat kalian apa sih stres itu? Stres adalah suatu bentuk tekanan fisik dan psikologis yang muncul saat menghadapi kondisi yang terasa berbahaya. Hal ini menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman. 

Mudahnya stres adalah cara tubuh memberikan suatu tanggapan atas ancaman, tekanan dan juga tuntutan yang muncul. Penyebab stres difaktori oleh diri sendiri, faktor lingkungan atau gejala lainnya. 

BACA JUGA:Ketahui Efek Minum Kopi Susu Berlebihan bagi Kesehatan, Naikkan Kolesterol Jahat

BACA JUGA:5 Besar Lomba Karaoke Porwanas Kalimantan Selatan, IKWI Bengkulu Tempati Posisi Ini

Masalah stress seperti ini bisa terjadi pada setiap orang dewasa, remaja maupun anak-anak. Ketika terjadi stress ini menyebabkan terjadinya respons tubuh yang akan menunjukkan sinyal terhadap ancaman bahaya dan tantangan.

Stress ini memiliki reaksi positif dan negatif. Reaksi atau respon positif ini, contohnya seperti termotivasi ketika menghadapi suatu ancaman atau tantangan dan meningkatkan rasa waspada.

Sementara respon atau reaksi negatifnya adalah dengan munculnya tanda kecemasan dan ketakutan, biasanya bersamaan dengan munculnya banyak keluhan yang dirasakan.

Pencegahan dalam mengatasi stress yang efektif adalah menerapkan pola hidup sehat. Termasuk beberapa hal berikut ini :

BACA JUGA:Kapolda Bengkulu Jalin Silaturahmi dengan Korem 041/GAMAS, Perkuat Sinergi TNI-Polri

BACA JUGA:Jadi Tren untuk Kurus, Apa Itu Bariatric Surgery atau Operasi Pemotongan Lambung?

1. Meluangkan waktu untuk melakukan berbagai hal yang memberikan efek rileksasi pada diri sendiri, yakni seperti menonton, membaca buku dan mendengarkan musik.

2. Mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap harinya.

3. Berfikir positif.

Kategori :