10 Gerakan Yoga, Manfaat dan Cara Melakukannya

Kamis 22-08-2024,08:39 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATEBNGKULU.COM - Yoga adalah praktik yang mencakup aktivitas fisik, mental, dan spiritual melalui serangkaian gerakan, pose (asana), teknik pernapasan (pranayama), dan meditasi.

Tujuan utamanya adalah mencapai keseimbangan dan harmoni dalam tubuh, pikiran, dan jiwa.

Selain itu, yoga menawarkan berbagai manfaat fisik dan mental yang dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa gerakan yoga beserta manfaat dan cara melakukannya yang telah dirangkum oleh Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber:

BACA JUGA:Kandidat Paslon Pilwakot Bengkulu Dani-Sukatno Juga Daftar Hari Kedua ke KPU Kota Bengkulu

BACA JUGA:Ratusan Guru se-Kota Bengkulu Ikuti Pelatihan Menulis Pemkot Bengkulu-YPRB dan Pengelolaan Website

1. Meningkatkan Fleksibilitas

Manfaat: Membantu meningkatkan rentang gerak tubuh, mengurangi kekakuan, dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk bergerak dengan bebas.

Cara yang Benar: Fokus pada pose-pose peregangan seperti Downward Dog (Adho Mukha Svanasana), Forward Bend (Uttanasana), dan Seated Forward Bend (Paschimottanasana).

Lakukan peregangan dengan perlahan, dan jangan paksakan tubuh untuk mencapai posisi yang tidak nyaman. Tahan pose selama 20-30 detik dan ulangi beberapa kali.

2. Memperkuat Otot

Manfaat: Meningkatkan kekuatan otot di seluruh tubuh, termasuk otot inti, lengan, kaki, dan punggung.

Cara yang Benar: Latihan pose-pose yang membangun kekuatan seperti Plank Pose (Phalakasana), Chaturanga (Low Plank), dan Warrior Poses (Virabhadrasana).

Tahan pose selama beberapa detik dan ulangi dalam beberapa set. Fokus pada pernapasan dan teknik yang benar untuk menghindari cedera.

3. Meningkatkan Keseimbangan dan Postur

Manfaat: Memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan keseimbangan, yang dapat membantu mencegah cedera dan masalah postur.

BACA JUGA:Mengelola Kesehatan Mental Berdasarkan Shio di 2025: Tips Anti Stres Sesuai Zodiakmu

BACA JUGA:Apo Itu Mpox yang Ditetapkan WHO sebagai Darurat Kesehatan Global

Cara yang Benar: Lakukan pose keseimbangan seperti Tree Pose (Vrksasana), Eagle Pose (Garudasana), dan Warrior III (Virabhadrasana III).

Latih keseimbangan dengan berdiri di satu kaki dan fokus pada titik tetap. Jika perlu, gunakan dinding atau kursi untuk dukungan.

4. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Manfaat: Membantu menenangkan pikiran dan mengurangi tingkat stres serta kecemasan.

Kategori :