8 Langkah Sukses dan Panduan Lengkap Budidaya Pepaya California

Senin 26-08-2024,09:39 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM - Pepaya California, yang juga dikenal dengan nama pepaya California Red atau California Gold, merupakan varietas pepaya unggulan yang terkenal karena ukuran buahnya yang besar dan rasanya yang sangat manis.

Buah pepaya California bisa tumbuh hingga sepanjang 30 cm dan beratnya dapat melebihi 1 kilogram, menjadikannya pilihan yang menarik untuk dibudidayakan.

Budidaya pepaya California bisa menjadi usaha yang sangat menguntungkan, dengan hasil yang memuaskan jika dilakukan dengan metode yang tepat.

Berikut ini adalah 8 langkah panduan lengkap untuk budidaya pepaya California, mulai dari persiapan tanah hingga perawatan dan panen, yang telah dirangkum oleh Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber terpercaya.

BACA JUGA:Teddy-Gustianto Siap Memulai: Pendaftaran dan Pesta Rakyat di Seluma

BACA JUGA:Berikan Dukungan untuk Meriani, Bang Ken: Bengkulu Harus Dijaga dan Diselamatkan oleh Putra-Putri Daerah

1. Persiapan Awal

Pemilihan Varietas

- Pilih varietas pepaya California yang sesuai dengan iklim dan kondisi tanah di lokasi Anda. Beberapa varietas populer adalah Pepaya California Red dan Pepaya California Gold.

Pembibitan

Pilih bibit yang sehat dari pembibitan terpercaya. Bibit harus memiliki akar yang kuat dan batang yang sehat. Jika menggunakan benih, pastikan benih berasal dari sumber yang berkualitas dan tanam di media semai yang bersih.

2. Persiapan Tanah

Uji Tanah

Uji pH tanah menggunakan kit pengujian tanah. Pepaya tumbuh baik pada pH 6.0 hingga 6.5. Sesuaikan pH dengan menambah kapur (untuk menaikkan pH) atau belerang (untuk menurunkan pH) jika perlu.

Pengolahan Tanah

Kategori :