BPBD Mukomuko Minta Warga Waspadai Gempa Megatrust

Selasa 27-08-2024,19:07 WIB
Reporter : Heri Aprizal
Editor : Heri Aprizal

MUKOMUKO, RAKYATBENGKULU.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko meminta warga agar mewaspadai gempa bumi Megatrust yang berpotensi terjadi di daerah ini.

"Kami minta warga waspada dengan adanya informasi BMKG tentang potensi terjadinya gempa Megatrust dengan magnitudo 8,7 di Mentawai dan Selat Sunda," kata Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Mukomuko, Ahmad Hidayat Syah dikutip antaranews.com, Selasa, 27 Agustus 2024.

Gempa Megatrust yang berpotensi terjadi di daerah ini dapat menyebabkan bencana alam yang serius, sehingga warga harus siap menghadapi situasi darurat.

BACA JUGA:Mukomuko Koordinasi dengan PJN untuk Atasi Jalan Putus Akibat Banjir

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Hadiahkan Rp90 Juta untuk 30 Paskibraka 2024

"Kita tidak tahu kapan terjadi gempa bumi tersebut, maka kita harus waspada dan siap menghadapi situasi darurat," ujarnya.

BPBD juga telah menyiapkan berbagai peralatan penanggulangan bencana, seperti tenda untuk tempat pengungsian dan stok kantong mayat sebanyak ratusan kantong.

Pemerintah daerah juga sedang menyusun dokumen rencana kontinjensi sebagai pedoman dalam penanganan darurat bencana alam gempa bumi dan tsunami dengan cepat dan tepat di daerah ini.

Dokumen rencana kontinjensi ini akan digunakan sebagai dasar dalam memobilisasi berbagai sumber daya pemangku kepentingan yang ada di daerah ini.

BACA JUGA:UPTD Pelatihan Kerja Kepahiang Kembali Buka Pelatihan Gratis, Begini Persyaratannya!

BACA JUGA:2 Atlet Kebanggaan Rejang Lebong Wakili Provinsi Bengkulu di PON Aceh-Sumut XXI

Warga juga diminta untuk mengetahui di mana jalur evakuasi terdekat apabila terjadi gempa bumi disusul dengan tsunami.

Pemerintah daerah telah menyiapkan beberapa titik tempat evakuasi warga ketika terjadi gempa bumi disusul tsunami.

Kategori :