9 Jenis Tanaman Anggrek Populer dan Terkenal, Termasuk yang Paling Indah

Kamis 29-08-2024,16:27 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM – Mengenal berbagai jenis tanaman anggrek penting untuk memahami spesies dan hibrida dalam keluarga Orchidaceae.

Setiap jenis anggrek memiliki karakteristik, kebutuhan, dan cara perawatan yang berbeda.

Pengetahuan ini akan membantu Anda memilih tanaman anggrek yang sesuai dengan lingkungan dan preferensi Anda, serta merawatnya agar tumbuh optimal.

Berikut ini adalah 9 jenis tanaman anggrek yang populer dan terkenal, termasuk beberapa yang paling indah, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber:

BACA JUGA:7 Cara Efektif Membasmi Gulma pada Tanaman Pisang Kepok

BACA JUGA:6 Fakta Menarik Tentang Bunga Anggrek, Sebagai Tanaman Epifit

1. Phalaenopsis (Moth Orchid)

Bunganya besar dengan bentuk seperti sayap ngengat, warna bervariasi dari putih, pink, ungu, hingga kuning, dan memerlukan cahaya yang terang tidak langsung, penyiraman pun butuh rutin dengan media tanam yang cepat kering, dan kelembapan sedang.

2. Cymbidium

Bunganya besar dan memanjang dengan warna yang bervariasi dari putih, kuning, merah, hingga dengan hijau, tumbuh di batang tegak, jenis anggrek ini memerlukan cahaya terang dan suhu dingin hingga sedang, dan memerlukan pemangkasan dan repotting secara teratur.

3. Vanda

Bunganya besar dengan warna cerah dan pola menarik yaitu seperti biru, ungu, dan merah, dikenal dengan akar yang panjang dan menjalar, yang memerlukan cahaya sangat terang dan kelembapan tinggi, dan suka media tanam yang bebas dan membutuhkan penyiraman rutin.

4. Paphiopedilum (Lady Slipper Orchid)

Bunganya berbentuk sandal wanita dengan warna lembut seperti putih, pink, hijau, dan ungu, bentuk bunga yang unik, dan suka cahaya sedang hingga terang, suhu sedang, dan kelembapan tinggi, serta memerlukan media tanam yang lembab tetapi tidak tergenang air.

BACA JUGA:5 Cara Efektif dan Strategi Mengendalikan Gulma pada Tanaman Pepaya California

BACA JUGA:7 Cara Efektif Mengatasi Hama pada Tanaman Pepaya California

5. Miltonia (Pansy Orchid)

Bunganya berbentuk seperti pansy dengan warna yang beragam yaitu seperti ungu, merah, dan putih, dan memiliki bentuk dan pola yang mirip dengan pansy, serta memerlukan cahaya terang dan suhu sedang hingga dingin, dan suka dengan kelembapan tinggi dan media tanam yang cepat kering.

6. Brassia (Spider Orchid)

Bunganya yang memanjang dengan bentuk seperti kaki laba-laba dan warna yang bervariasi dari kuning, hijau, hingga dengan warna coklat, jenis anggrek ini memerlukan cahaya terang dan suhu hangat, memerlukan kelembapan tinggi dan media tanam yang baik drainasenya.

7. Ludisia (Jewel Orchid)

Daun yang berwarna gelap dengan pola berkilau dan bunganya kecil berwarna putih atau merah muda, suka dengan cahaya rendah hingga sedang, kelembapan tinggi, dan suhu hangat, dan media tanam harus lembab tetapi tidak tergenang air.

8. Coelogyne

Bunganya sering kali memiliki warna putih atau kuning dengan corak yang menarik, namun ada beberapa spesies memiliki aroma yang harum, tentunya memerlukan cahaya sedang, suhu sedang hingga dingin, dan kelembapan tinggi. Suka media tanam yang sedikit kering di antara penyiraman.

BACA JUGA:6 Cara Menata Tanaman Hias di Teras Minimalis untuk Sentuhan Alam yang Sederhana

BACA JUGA:7 Cara Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman, Dijamin Ampuh!

9. Aerides

Bunganya kecil dengan warna cerah seperti putih, pink, dan ungu, dan tumbuh dalam cluster di sepanjang batang, jenis anggrek ini suka dengan cahaya yang sangat terang dan kelembapan tinggi, media tanam harus ringan dan cepat kering.

Cara Mengenal Jenis Anggrek

- Pengamatan Fisik: Amati bentuk, ukuran, dan warna bunga serta daun anggrek untuk mengidentifikasi spesies atau hibrida tertentu.

- Sumber Referensi: Gunakan buku, situs web, atau panduan berkebun khusus anggrek untuk mengidentifikasi dan mempelajari jenis anggrek.

- Konsultasi dengan Ahli: Jika tidak yakin, konsultasikan dengan ahli anggrek atau kunjungi pusat taman atau kebun raya yang memiliki koleksi anggrek.

BACA JUGA:7 Manfaat Utama Tanam Pohon Pisang di Sela Tanaman Kelapa Sawit

BACA JUGA:Awas! Dampak Metisa Plana Terhadap Tanaman Kelapa Sawit

- Katalog dan Label: Periksa label atau katalog dari penjual anggrek, karena sering kali mereka memberikan informasi tentang jenis dan kebutuhan perawatan.

Dengan mengenal 9 jenis tanaman anggrek mungkin dapat membantu dalam merawat tanaman dengan lebih efektif dan memaksimalkan keindahan serta kesehatan anggrek Anda.

 

Kategori :