10 Cara Merebus Pisang Kepok yang Cocok Dijadikan Camilan

Jumat 30-08-2024,08:22 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

BACA JUGA:7 Langkah Pemupukan yang Tepat pada Pisang Kepok untuk Pertumbuhan dan Hasil Buah Maksimal

BACA JUGA:6 Langkah Penyemaian Bibit Pisang Kepok dan Tujuan Penyemaian

- Rebus Pisang

Masukkan pisang kepok yang sudah dicuci ke dalam panci dengan air mendidih. Jika Anda menggunakan pisang yang masih berkulit, rebus dengan kulitnya. Jika sudah dikupas, masukkan pisang langsung ke dalam air mendidih.

Rebus pisang selama 15-20 menit. Waktu yang tepat bisa bervariasi tergantung pada tingkat kematangan pisang dan ukuran pisang.

- Periksa Kematangan

Tes kematangan pisang dengan menusukkan garpu atau pisau ke dalam pisang. Jika alat tersebut bisa dengan mudah menembus pisang, berarti pisang sudah matang. Pisang harus terasa lembut tetapi tidak terlalu lembek.

- Angkat dan Tiriskan

Setelah pisang matang, angkat dari panci dan tiriskan. Biarkan pisang dingin selama beberapa menit sebelum dikupas atau disajikan.

BACA JUGA:8 Cara Memilih Bibit Pisang Kepok Berkualitas untuk Hasil Panen Berlimpah

BACA JUGA:7 Tips dan Langkah-Langkah Budidaya Pisang Kepok untuk Hasil Maksimal

- Sajikan

Pisang kepok yang sudah direbus dapat disajikan langsung sebagai camilan atau digunakan dalam berbagai hidangan. Anda juga bisa menambahkannya dengan sedikit gula atau sirup sesuai selera.

Cara Alternatif - Merebus Pisang Tanpa Kulit

- Kupas Pisang

Jika Anda lebih suka merebus pisang tanpa kulitnya, kupas pisang terlebih dahulu dan potong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.

Kategori :