4 Penyebab Penyakit Daun Kering pada Tanaman Semangka, Ternyata Tak Cuma Disebabkan Jamur

Selasa 03-09-2024,10:54 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM - Penyakit daun kering pada tanaman semangka ditandai dengan daun yang mengalami kekeringan, menguning, dan akhirnya mati.

Kondisi ini dapat mengurangi hasil panen dan menurunkan kualitas buah.

Penyebab penyakit ini dapat bervariasi, mulai dari infeksi patogen seperti jamur, bakteri atau virus, hingga kekurangan nutrisi dan kondisi lingkungan yang tidak ideal.

Berikut adalah 4 penyebab utama penyakit daun kering pada tanaman semangka yang dirangkum oleh Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber:

BACA JUGA:Tahan Terhadap Cahaya Rendah, 7 Tanaman Ini Cocok Diletakkan dalam Ruangan

BACA JUGA:5 Manfaat Memangkas Tanaman Bunga Anggrek dan Cara Melakukannya yang Benar

Penyebab Penyakit Daun Kering

1. Infeksi Jamur

- Fusarium Wilt

Daun menguning mulai dari ujung dan menyebar ke seluruh tanaman. Tanaman mungkin menunjukkan gejala layu dan kekeringan, karena jamur Fusarium oxysporum menyerang sistem vaskular tanaman, menghambat aliran air dan nutrisi.

- Alternaria Leaf Blight

Bercak cokelat kehitaman dengan tepi kuning pada daun yang bisa menyebabkan daun kering dan jatuh. Jamur Alternaria cucumerina menyebabkan kerusakan pada daun dan batang.

- Powdery Mildew

Lapisan putih bubuk pada bagian atas daun bisa menyebabkan daun menguning dan kering. Ini disebabkan oleh jamur Sphaerotheca fuliginea atau Podosphaera xanthii yang berkembang dalam kondisi kelembapan rendah dan suhu hangat.

2. Infeksi Bakteri

Kategori :