9 Manfaat Mengonsumsi Beras Merah untuk Kesehatan, Termasuk Meningkatkan Kesehatan Tulang

Senin 09-09-2024,11:46 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

Beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah bila dibandingkan dengan beras putih, yang berarti ia meningkatkan kadar gula darah secara lebih lambat dan stabil. Hal ini membantu mengatur kadar gula darah dan mendukung manajemen diabetes.

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Serat, antioksidan dan fitonutrien dalam beras merah juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), mengurangi risiko penyakit jantung, dan menjaga kesehatan jantung.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Beras merah mengandung mineral yaitu seperti magnesium dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi, serta mendukung kepadatan tulang.

6. Antioksidan dan Sifat Anti-inflamasi

Beras merah juga mengandung antioksidan yaitu seperti fenolik dan flavonoid yang membantu melawan radikal bebas, mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

BACA JUGA:8 Tips Efektif Mengatasi Kaki Kesemutan, Kamu Wajib Tahu Ini!

BACA JUGA:Umi Pipik Berikan Pesan Doa untuk Sintya Marisca

7. Menunjang Kesehatan Kulit

Vitamin E dan antioksidan yang ada didalam beras merah mendukung kesehatan kulit dengan melindungi dari kerusakan oksidatif dan membantu menjaga kelembapan kulit.

8. Mengontrol Berat Badan

Kandungan serat yang ada didalam beras merah dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan mengurangi kecenderungan ngemil, serta mendukung program penurunan berat badan.

9. Mendukung Fungsi Metabolisme

Vitamin B kompleks yang ada didalam beras merah berperan dalam metabolisme energi untuk membantu tubuh mengolah makanan menjadi energi yang dapat digunakan.

Mengonsumsi beras merah sebagai bagian dari diet yang seimbang tentu dapat memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan dan dapat mendukung gaya hidup yang sehat.

 

Kategori :