Premarital Check Up: Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Sebelum Menikah menjadi Investasi Terbaik Masa Depan

Selasa 10-09-2024,17:15 WIB
Reporter : Rizky Nova Amelia
Editor : Heri Aprizal

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pernikahan merupakan bentuk momen sakral untuk menyatukan dua individu dalam ikatan yang suci.

Namun, sebelum memasuki kehidupan pernikahan, sebaiknya masing-masing pasangan dapat memastikan bahwa mereka dalam kondisi kesehatan yang optimal.

Karena mempersiapkan pernikahan bukan hanya tentang memilih gaun pengantin dan tempat resepsi, namun juga tentang memastikan kesehatan pasangan.

Ini bisa dilakukan melalui premarital check up.

BACA JUGA:6 Hal yang Wajib Kamu Pelajari Sebelum Menikah

BACA JUGA:Pesan untuk Wanita: Hempas 9 Kebiasaan Buruk Ini Sebelum Menikah

Pemeriksaan kesehatan pra-nikah ini penting dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan masing-masing sebelum memulai kehidupan bersama.

Artikel kali ini akan menjelaskan hingga tuntas mengenai premarital check up, mulai dari pengertian, cara melakukannya, hingga manfaat yang diperoleh.

Pengertian Premarital Check Up

Premarital check up yaitu bentuk serangkaian pemeriksaan kesehatan yang dilakukan bagi pasangan yang memiliki rencana menikah.

Tujuan utama melakukan pemeriksaan ini yaitu untuk mendeteksi adanya kondisi medis atau penyakit yang mungkin mempengaruhi kesehatan pasangan atau keturunan mereka nantinya.

BACA JUGA:Pesan Bijak Maia Estianty untuk Ketiga Anaknya yang Siap Menikah

BACA JUGA:6 Alasan Mengapa Suami Harus Memeluk Istri Setiap Hari untuk Pernikahan yang Harmonis

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi tes darah, pemeriksaan genetik, tes infeksi menular seksual (IMS), dan beberapa evaluasi kesehatan reproduksi.

Berikut merupakan beberapa tujuan melakukan Premarital check up:

Kategori :