550 Pendaftar CPNS di Bengkulu Tengah Gugur, BKPSDM Ingatkan Warga untuk Waspada Calo

Jumat 13-09-2024,09:28 WIB
Reporter : Febi Elmasdito
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Verifikasi administrasi CPNS Bengkulu Tengah selesai, 550 pelamar dinyatakan gugur. Peserta diingatkan untuk tidak percaya pada calo yang menawarkan kelulusan.

Proses seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Bengkulu Tengah telah menyelesaikan tahap verifikasi berkas.

Dari total 2.963 pelamar yang mendaftar, sebanyak 550 peserta dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dan gugur dalam proses administrasi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bengkulu Tengah, Apileslipi, S.Kom, M.Si menyampaikan bahwa dari 2.963 pendaftar, 2.860 peserta telah berhasil menyelesaikan proses pendaftaran.

BACA JUGA:Pemda Bengkulu Utara Masih Sulit Rekrut Dokter Spesialis, Banyak Posisi Kosong

BACA JUGA:Sempat Buron, Tersangka Kasus Penggelapan Pajak Rp186 Juta Asal Bengkulu Utara Kini Ditahan di Rutan Bengkulu

Dari jumlah tersebut, 2.310 peserta dinyatakan memenuhi syarat (MS), sementara 550 pelamar harus menerima kenyataan bahwa mereka gugur karena tidak memenuhi persyaratan administrasi.

“Untuk diketahui, total yang mendaftar ada 2.963. Dari 2.860 peserta yang menyelesaikan proses pendaftaran, hanya 2.310 yang dinyatakan memenuhi syarat, sedangkan 550 lainnya tidak memenuhi syarat,” jelas Apileslipi dikutip KORANRB.ID.

Pengumuman hasil seleksi administrasi akan dilaksanakan sesuai jadwal, yakni mulai tanggal 14 hingga 19 September 2024.

Para peserta yang lolos akan melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), yang direncanakan berlangsung pada bulan Oktober hingga November 2024.

BACA JUGA:Dana BOS untuk Judi Online, Mantan Kepala Sekolah dan Bendahara SMPN 17 Kota Bengkulu Terjerat Kasus Korupsi

BACA JUGA:Shio Tahun 2025! Akan Menjadi Tahun Ular Kayu, Karir Kamu Melambung atau Anjlok?

"Bagi peserta yang lulus seleksi administrasi, mereka akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni SKD. Pelaksanaan SKD diperkirakan akan dilaksanakan antara bulan Oktober hingga November," ujar Apileslipi.

Tahapan seleksi CPNS ini diprediksi akan selesai pada Januari 2025, dan pengumuman hasil kelulusan CPNS akan dilakukan pada bulan yang sama.

Setelah itu, pengusulan nomor induk pegawai (NIP) untuk peserta yang dinyatakan lulus akan dilakukan pada bulan Februari 2025.

Dalam kesempatan tersebut, Apileslipi juga mengingatkan masyarakat agar tidak mudah tertipu oleh oknum atau calo yang menjanjikan kelulusan dalam proses seleksi CPNS.

BACA JUGA:Ramalan Shio di Tahun 2025: Siapa yang Akan Mengalami Percintaan Tragis di Tahun Ular Kayu?

BACA JUGA:10 Manfaat Menakjubkan dari Rutin Mengonsumsi Buah Nanas, Jarang Diketahui Orang!

Menurutnya, sistem seleksi saat ini sudah transparan melalui mekanisme komputerisasi atau CAT (Computer Assisted Test), sehingga tidak ada celah bagi calo untuk memainkan hasil seleksi.

“Jangan pernah percaya terhadap oknum yang menjanjikan kelulusan. Sebab tidak ada yang bisa meluluskan kalian selain kalian sendiri. Maka dari itu kalian harus belajar dan percaya pada kemampuan sendiri. Sistem seleksi sudah melalui mekanisme komputer atau CAT, jadi jangan tertipu," tegasnya.

Dengan tahapan seleksi yang semakin ketat dan transparan, peserta diharapkan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa lolos ke tahapan berikutnya. Ia sebut hasil kelulusan nantinya hanya akan ditentukan oleh kemampuan masing-masing peserta tanpa adanya intervensi dari pihak luar.

 

Kategori :