Penting! Ini Penyebab Psoriasis Kulit Kepala, Jangan Samakan dengan Ketombe

Minggu 22-09-2024,12:12 WIB
Reporter : Kharisma Rahma Amanda
Editor : Heri Aprizal

Ia juga menjelaskan, perbedaan psoriasis kulit kepala dengan ketombe yakni adalah jika psoriasis kulit kepala muncul sebagai bercak merah dan meradang yang ditutupi sisik tebal berwarna keperakan, sementara itu ketombe biasanya muncul sebagai serpihan kecil berwarna putih atau kekuningan.

BACA JUGA:Ramalan Shio Agar Sukses di Tahun 2025: 5 Kiat Meraih Sukses di Tahun Ular Kayu

BACA JUGA:80 Desa di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Raih Dana Insentif Desa Tahun 2024: Berikut Daftarnya

Pada psoriasis kulit kepala, kulit tersebut mungkin terlihat lebih tebal dengan kilau putih atau perak, sedangkan serpihan ketombe itu lebih halus dan juga lebih bertepung. 

Dr Shivani Yadav (MBBS, MD DVL), Dokter Kulit dan Pendiri Klinik Dermatologi Skin Avenue di Gurugram telah menjelaskan bahwasannya penyebab psoriasis kulit kepala ini adalah kondisi autoimun di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menargetkan sel-sel kulit yang sehat, sehingga dapat mempercepat siklus pertumbuhannya.

Psoriasis kulit kepala muncul dengan bercak-bercak merah tebal pada kulit yang ditutupi sisik berwarna putih keperakan.

Bercak-bercak ini jelas terlihat dan dapat meluas ke luar kulit kepala hingga ke area seperti dahi, leher, atau belakang telinga.

BACA JUGA:Krisis Kontainer Sampah di Bengkulu Selatan, DLHK Perlu Dukungan Penuh

BACA JUGA:43 Desa di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Raih Dana Insentif Desa Tahun 2024: Berikut Daftarnya

Psoriasis kulit kepala ini juga dapat menutupi seluruh kulit kepala dan sering meluas ke bagian tubuh lain, seperti siku, lutut, atau punggung.

Pemicu umum hal ini yaitu meliputi stres, infeksi, obat-obatan, trauma kulit, cuaca dingin, dan alkohol.

Menurut kedua dokter tersebut, pentingnya untuk menemui dokter kulit yang telah besertifikat untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan juga pengobatan psoriasis kulit kepala.

Beberapa pengobatan umum yang direkomendasikan yaitu adalah perawatan topikal, fototerapi, obat sistemik dan perubahan pola gaya hidup.

BACA JUGA:Desa di Kabupaten Madiun dan Magetan, Jawa Timur, Raih Dana Insentif Desa Tahun 2024: Berikut Daftarnya

BACA JUGA:51 Desa di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Terima Dana Insentif Desa Tahun 2024: Berikut Daftarnya

"Psoriasis kulit kepala biasanya memerlukan perawatan resep, termasuk kortikosteroid topikal, analog vitamin D, sampo tar batu bara, biologis untuk kasus yang parah, dan fototerapi (terapi cahaya UV," kata Dr. Shivani Yadav.

Kategori :