10 Cara untuk Membuat Kandang Ayam Petelur Agar Produksi Optimal

Sabtu 28-09-2024,20:54 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Heri Aprizal

RAKYATBENGKULU.COM - Pembuatan kandang ayam petelur adalah proses merancang dan membangun tempat untuk memelihara ayam petelur.

Dengan tujuan memastikan kenyamanan, kesehatan, dan produktivitas ayam, kandang yang baik berperan penting dalam mendukung pertumbuhan dan produksi telur yang optimal.

Dengan penerapan kandang bisa berupa kandang terbuka atau tertutup, desain harus memperhatikan ventilasi yang baik, pencahayaan, dan ruang gerak ayam.

Nah berikut ada 10 tips dan langkah-langkah cara pembuatan kandang ayam petelur yang telah Rakyatbengkulu.com rangkum dari berbagai sumebr diantaranya:

BACA JUGA:6 Tips dan Langkah-Langkah Tepat Memilih Lokasi Sempurna untuk Budidaya Pinang

BACA JUGA:8 Alasan Mengapa Budidaya Lobster Air Tawar Sangat Menjanjikan, Harga Jual Menguntungkan

Langkah-langkah Pembuatan Kandang Ayam Petelur

1. Tentukan Lokasi Kandang

Pilihlah lokasi yang jauh dari keramaian, dan memiliki akses yang mudah, dan jauh dari sumber pencemaran, serta pastikan lokasi memiliki sirkulasi udara yang baik dan mendapat sinar matahari.

2. Rancang Desain Kandang

Desain kandang harus memenuhi kebutuhan ayam, dengan cara mempertimbangkan ukuran, jumlah ayam, dan sirkulasi udara, kandang bisa berupa sistem tertutup (closed house), atau terbuka (open house), pastikan ada ruang untuk bertelur dan bergerak.

3. Ukuran Kandang

Kandang idealnya memiliki ukuran minimal 1-2 m² per ekor, ini akan memberikan cukup ruang bagi ayam untuk bergerak, beristirahat, dan bertelur dengan nyaman.

4. Bahan Konstruksi

Gunakan bahan yang kuat dan tahan lama, yaitu seperti kayu, besi, atau bambu, pastikan dinding dan atap tahan terhadap cuaca, dan gunakan jaring untuk ventilasi agar ayam terlindung dari predator.

BACA JUGA:8 Langkah Cara Persiapan Lahan untuk Budidaya Jeruk Manis

BACA JUGA:7 Cara Budidaya Jeruk Manis Bagi Pemula

5. Pembuatan Lantai Kandang

Pilih lantai yang mudah dibersihkan, seperti beton atau papan kayu. pertimbangkan untuk membuat lantai sedikit miring agar kotoran mudah dibersihkan dan tidak menggenang.

6. Ventilasi

Pastikan kandang memiliki ventilasi yang baik untuk menghindari kelembapan yang berlebih dan menjaga suhu, pentilasi yang baik membantu sirkulasi udara dan mengurangi risiko penyakit.

7. Pencahayaan

Ayam petelur tentu saja memerlukan pencahayaan yang cukup untuk merangsang produksi telur, idealnya, sediakan cahaya alami selama 14-16 jam sehari, jika tidak memungkinkan, gunakan lampu listrik.

8. Ruang Bertelur

Kategori :