Plt Gubernur Bengkulu Tekankan Pentingnya Nilai Luhur Pancasila, Fondasi Utama Berbangsa dan Bernegara

Selasa 01-10-2024,19:50 WIB
Reporter : Heri Aprizal
Editor : Heri Aprizal

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pancasila, sebagai ideologi dasar bangsa Indonesia, menjadi fondasi utama dalam berbangsa dan bernegara.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rosjonsyah, menekankan pentingnya nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi generasi muda.

Hal itu diungkapkannya, dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 di Lapangan Kantor Gubernur Pemerintah Provinsi Bengkulu, Selasa, 1 Oktober 2024.

"Nilai luhur Pancasila harus benar-benar kita tanamkan dalam jiwa. Pancasila adalah fondasi dasar bagi kita sebagai anak bangsa yang mencintai tanah airnya," kata Rosjonsyah dikutip antaranews.com.

BACA JUGA:Resep Carabikang Ala Chef Devina Hermawan, Jajanan Tradisional yang Jarang Ditemui

BACA JUGA:Eks Kades Bengkulu Utara Ditahan Terkait Korupsi Dana BUMDes, Negara Rugi Rp 352 Juta

Pancasila menjadi landasan utama yang menguatkan persatuan dan kokohnya ikatan kebangsaan di tengah perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa.

Nilai-nilai Pancasila juga menjadi kunci persatuan yang menyatukan seluruh elemen bangsa, terlepas dari keragaman, khususnya dalam menghadapi 100 tahun Indonesia Emas yang diimpikan menjadi bangsa yang maju, mandiri, dan berdaulat.

"Pancasila menyatukan kita, mengatasi semua perbedaan demi mencapai tujuan bersama menuju Indonesia Emas," kata Rosjonsyah.

Ia juga berpesan agar nilai-nilai Pancasila tidak hanya sekadar dihafal, tetapi juga diwujudkan dalam tindakan sehari-hari, terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

BACA JUGA:Sengketa Lahan SD Negeri 62 Kota Bengkulu Jadi Sorotan Calon Wakil Walikota Sukatno

BACA JUGA:Lotek Bude Eni, Kuliner Nikmat yang Wajib Dicoba di Kota Bengkulu

Sebagai bangsa yang majemuk, Rosjonsyah mengingatkan bahwa nilai-nilai Pancasila harus terus ditanamkan dalam diri setiap warga, sehingga semangat kebersamaan tidak luntur dalam menghadapi tantangan zaman.

"Semangat Pancasila tidak boleh pudar. Kebersamaan sebagai bangsa harus terus diperkuat demi masa depan Indonesia yang lebih baik," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Rosjonsyah juga mengingatkan bahwa nilai-nilai Pancasila harus menjadi pedoman hidup bagi seluruh elemen masyarakat, termasuk generasi muda.

Kategori :