7 Penyebab Bibir Pecah-Pecah dan Cara Ampuh Mengatasinya

Jumat 18-10-2024,09:24 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM - Bibir pecah-pecah adalah kondisi dimana bibir mengalami kekeringan, retakan atau pengelupasan.

Hal tersebut sering disebabkan oleh faktor-faktor seperti dehidrasi, cuaca ekstrem yaitu seperti panas atau dingin, alergi atau kekurangan nutrisi.

Bibir pecah-pecah dapat menyebabkan rasa tidak nyaman atau nyeri. Untuk mengatasinya, penting untuk menjaga kelembapan bibir, minum cukup air, dan menghindari pemicu yang dapat memperparah kondisi tersebut.

Bibir pecah-pecah adalah masalah umum yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, berikut adalah penyebab bibir pecah-pecah dan cara mengatasinya yang telah Rakyatbengkulu.com rangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA:8 Manfaat Kesehatan Air Rebusan Daun Salam: Menurunkan Gula Darah hingga Meningkatkan Kekebalan Tubuh

BACA JUGA:Manfaat Perempelan Daun Buncis untuk Hasil Panen yang Melimpah dan Penyemprotan Pestisida yang Efektif

Penyebab Bibir Pecah-Pecah

1. Dehidrasi

Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup cairan, kulit, termasuk bibir menjadi kering, dehidrasi dapat terjadi akibat kurangnya asupan air, terlalu banyak beraktivitas di lingkungan panas, atau konsumsi kafein dan alkohol yang berlebihan.

2. Cuaca Ekstrem

Paparan angin kencang, suhu dingin, atau sinar matahari yang berlebihan dapat mengeringkan kulit bibir. Kondisi ini sering terjadi pada musim dingin atau saat beraktivitas di luar ruangan.

3. Kekurangan Nutrisi

Kekurangan vitamin, terutama vitamin B (B2, B3, B12) dan vitamin C, dapat menyebabkan masalah pada kulit, termasuk bibir yang kering dan pecah-pecah, nutrisi yang kurang juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit secara keseluruhan.

4. Iritasi atau Alergi

Bahan kimia dalam produk kosmetik seperti lip balm, lipstik, atau pasta gigi bisa menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada bibir, mengakibatkan kekeringan dan pecah-pecah.

Kategori :