10 Etika Komunikasi Digital yang Tidak Boleh Dilanggar, Nomor 4 Sering Dilakukan

Senin 13-01-2025,10:17 WIB
Reporter : Rizky Nova Amelia
Editor : Febi Elmasdito

BACA JUGA:Pernah Ngalamin Orang Terlihat Cuek saat Diajak Ngobrol? Ini Cara Menyikapinya

BACA JUGA:Kuasa Hukum Korban Pembunuhan Nenek dan Cucu Tuntut Hukuman Berat untuk Tersangka

Meskipun penggunaannya harus tetap bijaksana.

6. Hindari Spam dan Pesan Berantai

Mengirim pesan berantai atau spam yang tidak relevan merupakan salah satu pelanggaran etika dan paling menjengkelkan.

Banyak orang merasa terganggu dengan pesan semacam ini, terutama jika tidak ada kepentingan langsung.

Kirim pesan hanya jika memang penting dan relevan bagi penerima.

7. Gunakan Bahasa yang Sopan

Meskipun komunikasi digital cenderung santai, tetap gunakan bahasa yang sopan.

BACA JUGA:Bangun Hubungan Baik dengan Klien, Perlu Komunikasi Jelas dan Ringkas, Coba Tips Berikut

BACA JUGA:Meski Ramah dan Suka Berkomunikasi, Kucing Orange Tergolong Ekstrovert Lho

Terlebih dalam percakapan yang bersifat formal atau dengan orang yang lebih tua.

Hindari kata-kata kasar, penghinaan, atau ungkapan yang bisa menyinggung orang lain.

8. Jangan Membalas dengan Nada Negatif di Depan Umum

Jika memiliki masalah atau keluhan terhadap seseorang, hindari membalas atau mengkritik mereka secara terbuka di media sosial.

Diskusikan secara pribadi untuk menjaga hubungan baik dan menghindari konflik di depan umum.

Kategori :