BACA JUGA:Pernah Ngalamin Orang Terlihat Cuek saat Diajak Ngobrol? Ini Cara Menyikapinya
BACA JUGA:Kuasa Hukum Korban Pembunuhan Nenek dan Cucu Tuntut Hukuman Berat untuk Tersangka
Meskipun penggunaannya harus tetap bijaksana.
6. Hindari Spam dan Pesan Berantai
Mengirim pesan berantai atau spam yang tidak relevan merupakan salah satu pelanggaran etika dan paling menjengkelkan.
Banyak orang merasa terganggu dengan pesan semacam ini, terutama jika tidak ada kepentingan langsung.
Kirim pesan hanya jika memang penting dan relevan bagi penerima.
7. Gunakan Bahasa yang Sopan
Meskipun komunikasi digital cenderung santai, tetap gunakan bahasa yang sopan.
BACA JUGA:Bangun Hubungan Baik dengan Klien, Perlu Komunikasi Jelas dan Ringkas, Coba Tips Berikut
BACA JUGA:Meski Ramah dan Suka Berkomunikasi, Kucing Orange Tergolong Ekstrovert Lho
Terlebih dalam percakapan yang bersifat formal atau dengan orang yang lebih tua.
Hindari kata-kata kasar, penghinaan, atau ungkapan yang bisa menyinggung orang lain.
8. Jangan Membalas dengan Nada Negatif di Depan Umum
Jika memiliki masalah atau keluhan terhadap seseorang, hindari membalas atau mengkritik mereka secara terbuka di media sosial.
Diskusikan secara pribadi untuk menjaga hubungan baik dan menghindari konflik di depan umum.