BANNER KPU
HONDA

Sembilan Anggota Keluarga Langsung Dikarantina

Sembilan Anggota Keluarga Langsung Dikarantina

 

GUGUS Tugas Covid-19 Kabupaten Rejang Lebong (RL) tadi malam langsung melakukan release di gedung PSC sekaligus Sekretariat Gugus Tugas. Ini terkait informasi satu warga Kabupaten RL yang terkonfirmasi Positif Covid-19 melalui pengumuman Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bengkulu Senin (1/6) sore. Rilis disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas sekaligus Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten RL Syamsir, S.KM, M.KM didampingi Direktur RSUD Curup dr. Samiri tadi malam skitar pukul 20.30 WIB.

Diketahui warga Kabupaten RL ini berinisial Nu (56) yang memiliki profesi sebagai pedagang keliling pasar/pekan mingguan. Nu masuk dan sudah dirawat di RSUD Curup selama lima hari belakangan dengan gejala klinis gejala DBD serta memiliki riwayat hipertensi serta penyakit lainnya. Sehingga saat masuk dan mulai dirawat langsung dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif. ‘’Selanjutnya dilakukan tes swab yang hasilnya sore tadi (kemarin,red) diumumkan terkonfirmasi positif Covid-19,’’ terang Syamsir.

Dilanjutkan Syamsir, dengan informasi hasil swab tersebut, mereka langsung melakukan proses penjemputan terhadap keluarga pasien yang terkontak sebanyak sembilan orang untuk proses karantina. Keluarga pasien ini dikarantina di Gedung BLKM untuk selanjutnya dilakukan tes swab yang rencananya dilakukan hari ini.

‘’Keluarga yang terkontak kita jemput untuk dikarantina di Gedung BLKM dan besok (hari ini, red) dilakukan tes swab. Termasuk seluruh petugas atau tenaga kesehatan yang terkontak dengan pasien akan dilakukan swab. Kita juga mulai malam ini (tadi malam, red) langsung melakukan tracking atau wawancara dengan keluarga pasien untuk memastikan darimana kemungkinan pasien terpapar Covid-19,’’ sampai Syamsir.

Dilanjutkan Syamsir, hingga saat ini di Kabupaten RL setidaknya masih ada Orang Dalam Pantauan (ODP) sebanyak 30 orang yang 21 diantaranya sudah dinyatakan sehat. Sedangkan sisanya masih dalam proses pemantauan. Kemudian untuk status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanya dua orang yang salah satunya sudah terkonfirmasi positif dan satu lagi masih menunggu hasil uji swab.

Ditambahkan Syamsir, untuk yang dilakukan uji swab sendiri mencapai 30 orang. Dimana hasilnya baru ada 11 orang, dengan rincian 10 negatif dan satu terkonfirmasi positif. Sedangkan 19 orang lainnya masih menunggu hasil dari provinsi. ‘’Malam ini petugas dari PMI Kabupaten Rejang Lebong juga akan langsung melakukan penyemprotan untuk meminimalisir segala kemungkinan. Mudah-mudahan ini bisa segera kita atasi dan tidak terjadi penyebaran lebih lanjut,’’ demikian Syamsir. (dtk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: